Rabu, 16 Desember 2015

Wahhhh... Nasi Ulam Disajikan dengan Sepuluh Lauk-Pauk serta Sayuran!

Solo memiliki beragam kuliner yang otentik. Kemarin saya sudah menulis tentang Bubur Solo yang rasanya unik dan lezat. Baca juga Ini yang Membuat Bubur Solo Enak Tenan. Selain bubur, Solo juga memiliki kuliner khas lainnya, yaitu nasi ulam. Namanya memang sudah sangat familiar di telinga. Namun baru kali ini, saya berkesempatan mencicipinya di restoran Dapur Solo yang berada di daerah Sunter.

Hal yang membuat saya tertarik dengan nasi ulam adalah ketika seorang pelayan mengantarkan nasi putih dengan berbagai lauk ke meja sebelah. Saya pun langsung memanggil pelayan tersebut dan langsung menanyakan apakah menu yang isinya beragam lauk tersebut. Setelahnya, saya pun langsung memesan menu tersebut untuk makan siang saya. Saya urungkan untuk  memesan nasi liwet yang juga khas Solo yang juga tampak menggoda di buku menu. Next time, I will be back here.


Tak berapa lama, pelayan membawa sepiring nasi ulam, yaitu nasi dengan berbagai jenis lauk. Selain itu, pelayan juga membawa  sebuah mangkuk yang isinya adalah tahu semur.  Bagi kamu yang penasaran, apa saja sebenarnya lauk dari nasi ulam ini.

Perkedel
Setiap satu porsi nasi ulam disajikan dengan sebuah perkedel kentang ukuran sedang. Perkedel disalut dengan telur sehingga tampilannya menjadi yummy.


Dendeng
Nasi ulam juga dilengkapi dengan sepotong dendeng,  yaitu daging sapi yang tipis berwarna kecokelatan. Daging yang berasa manis ini di atasnya terdapat ketumbar yang menyebabkan dendeng sapi menjadi lebih wangi.

Cumi Goreng
Sekitar tiga ekor cumi goreng ditempatkan di piring nasi ulam.  Walaupun sedikit, cumi goreng memberikan rasa yang berbeda dibandingkan lauk-lauk lainnya,seperti daging, telur, perkedel, hingga tempe orek.

Tempe Orek
Tempe dipotong kecil lalu diberikan berbagai bumbu. Sebagai penutup, kecap dituangkan di atasnya dan setelahnya diaduk rata. Tempe orek yang disajikan di sini adalah tempe orek kering.

Telur Dadar
Telur didadar tipis, setelahnya barulah dipotong-potong. Potongan tersebut yang kemudian ditaruh di atas nasi langgi.


Bihun Goreng
Pelayan hanya memberikan sejumput bihun goreng yang warnanya kecokelatan akibat kecap yang dimasak bersama dan diaduk rata bersama dengan bihun.

Tempe Goreng
Sepotong tempe yang digoreng dengan tepung menambah keasyikan kamu menikmati sepiring nasi ulam.

 

Kerupuk dan Emping
Nasi ulam memang lengkap, setelah semuanya dimasukkan, kerupuk udang dan emping melinjo yang renyah di mulut menjadi pelengkap yang menyempurnakan rasa.

Tahu Semur
Sepotong tahu goreng dimasak dengan kecap. Namun tahu semur ini tak terlalu banyak kecapnya sehingga kuahnya pun terlihat cokelat bening.


Sayur-sayuran
Tak hanya lauk-pauk, sayurar-sayuran yang terdiri dari daun dan timun juga menyempurnakan rasa dari nasi langgi. Bagian terakhir yang dimasukkan adalah sambalnya.

Seporsi nasi ulam dengan berbagai lauk tersebut dibanderol dengan harga terjangkau di Dapur Solo. Selain nasi ulam, Dapur Solo juga menjual berbagai menu lainnya, seperti nasi liwet Solo, asem-asem iga hingga serabi Solo. Next time saya akan me-review-nya. Terima kasih sudah membaca posting-an ini, semoga nasi langgi bisa menambah pengetahuan kuliner negeri sendiri. Terima kasih!

Dapur Solo
Jl. Danau Sunter Utara no. 7  Sunter II
(Sebelah Showroom BMW deretan Astra)
No telp: (021) 29615353

9 komentar:

  1. mak nyus ya mbak...ih kalau di daerah jawa kuliner murah2 ya mbak, kalo di sumatera...amit-amit2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahhh harganya ramah di kantong. Asyekkk banget dehhh

      Hapus
    2. Iyahhh harganya ramah di kantong. Asyekkk banget dehhh

      Hapus
  2. Wih segitu bisa kenyang bgt yah.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Aku sehhh kurang suka karena rasanya manis

      Hapus
    2. Aku sehhh kurang suka karena rasanya manis

      Hapus