Senin, 07 Desember 2015

Tiga Sushi yang Mesti Kamu Coba

Ala karena biasa merupakan kiasan yang tepat bagi “pertemananku” dengan sushi, makan kecil yang terbuat dari nasi yang padat dengan berbagai macam ragam topping, mulai dari salmon, ketimun, kulit salmon, tuna, telur, belut, abon, udang, ayam, alpukat, telur ikan, crab stick, hingga rumput laut. Awalnya aku alergi dengan makanan ini. Makanan apa ini? Sudah kecil, tidak enak pula.

Pertama kali aku bertemu dengannya pada saat seorang teman kantor ulang tahun beberapa tahun yang lalu. Dia penggemar berat sushi dan tampaknya out of the box sekali orangnya. Di saat semua orang memberikan nasi kuning, tumpeng, atau sepotong cake saat perayaan ulang tahun, ibu funky ini  malah memesan satu tampah kecil berbagai jenis sushi. 
Waktu itu saya berpikir, walaupun kurang suka, tak ada salahnya untuk mencicipi sekadar untuk menghargai. Katanya untuk orang yang baru pertama kali, jangan langsung makan sushi yang mentah, tapi yang matang dulu. Yahhh lumayan enak, meskipun bukan my type of food.

Dari sekadar mencicipi lambat-laun saya jadi mulai suka hingga akhirnya sudah berani mencoba ubur-ubur, sashimi, hingga salmon mentah. Lama-kelamaan saya jadi ketagihan dengan makanan khas dari Jepang ini. 

Nah, ini beberapa sushi yang pernah saya makan

Sushi AEON Mall
Mall yang aslinya dari Jepang ini mempunyai swalayan besar yang khusus menjual barang dan makanan yang berasal dari Jepang. Salah satunya adalah sushi. Pada saat awal pembukaan mall banyak orang rela mengantre panjang di sushi bar untuk mendapat beraneka jenis sushi yang segar dan enak. Sushi ada yang sudah dikemas per kotak, ada juga yang dijual per satuan sehingga kamu bebas memilih yang kamu suka.

Ini salah satu sushi favorit, sushi salmon mentah. Sushi mentah mempunyai cita rasa khas yang berbeda dibandingkan yang matang. Silakan mencobanya sendiri.


Oh ya, di AEON mall kecap  asin, wasabi, dan sumpit dijual terpisah. Jadi, jangan lupa bawa sumpit sendiri jika ingin makan sushi di sini. 

Aeon Mall
Jl. BSD Raya Utama, Desa Sampora
Kec. Cisauk,  Tangerang, Banten 
Sushi Hotel Indonesia Kempinski
Beberapa bulan yang lalu Hotel Indonesia Kempinski mempromosikan makan khas Kalimantan kepada para pengunjungnya. Setelah saya mencoba hampir semua menu Kalimantan, mata saya langsung tertuju ke sushi bar. Saya pun kemudian menyusun sushi-sushi yang saya inginkan dalam sebuah piring.  Ada sushi dengan salmon mentah hingga yang isinya ketimun. Sushi ini berhasil membuat perut saya kekenyangan dan gagal diet.


Hotel Indonesia Kempinski
Jalan M.H. Thamrin No. 1
Daerah Khusus Ibukota Jakarta  

Sushi Hachi Hachi Bistro
Resto Jepang ini juga memiliki koleksi menu sushi yang variatif, salah satunya tamago. Sushi dengan omelet yang diikat dengan rumput laut lalu di atasnya diberikan mayonais. Sushi tamago ini dijual per buah, sedangkan sushi yang lainnya dijual lima pieces per porsinya.


Hachi Hachi Bistro
L-234, Jl. Letjen. S. Parman No.28,
Grogol petamburan
Jakarta Barat

3 komentar:

  1. Lama2 terjerat cinta sushi juga ya mak:D hihi. Cobain sushi ini mak, unik, postingan d blog aq http://bit.ly/1Zt8a1w mampir yah;)

    BalasHapus
  2. blm pernah nyobain sushi. tp pernah bikin susi abal2 isinya abon trs digulung pake nori, jadi berasa lemper LOL

    BalasHapus