Senin, 28 Desember 2015

Dari Rujak Hingga Sup Buah, Mana yang Paling Kamu Suka?

Setelah sekian lama hanya mem-posting makanan yang lezat, mulai dari pasta hingga masakan Padang nan lezat dan berlemak. Saat ini saya ingin mem-posting menu yang berasal dari buah-buahan. Seorang ahli food combining menyarankan sebaiknya seseorang makan 3-5 porsi buah atau sayuran setiap hari agar badan tetap dalam keadaan fit dan juga langsing.

Masih menurutnya, cara terbaik untuk makan buah adalah dengan cara memakannya begitu saja, tanpa perlu diolah lagi atau ditambahkan bahan-bahan lainnya. Namun, tak semua orang menyukai buah-buahan yang seperti itu. Jadi, lebih baik tumbuhkan dulu kecintaan makan buah-buahan.

Lalu bagaimana caranya? Buat menu buah-buahan jadi enak dan mudah ditelan. Jika sudah suka buah-buahan, akan jadi lebih mudah ke depannya untuk makan buah-buahan tanpa perlu diolah. Intinya jangan paksakan tubuh untuk menyukai buah-buahan. Namun, buat dia terbiasa sehingga justru kalau tak makan buah, kita seperti kehilangan sesuatu.

Berikut menu-menu buahan yang bisa kamu coba saat ingin mulai mencintai buah-buahan.

Rujak
Rujak merupakan menu berbagai buah dengan sambal  di atasnya. Buah-buahannya bisa terdiri dari jambu air,  bengkuang, mentimun, mangga, kedondong, melon, pepaya setengah matang, hingga ubi. Ada juga yang memasukkan apel sebagai buah. Untuk sambal, ada berbagai versi. Ada yang membuatnya dengan cabai dan gula merah saja. Ada juga yang menambahkan kacang untuk sambalnya.

Note: jika kamu ingin hidup lebih sehat, kacang tanah lebih baik disangrai daripada digoreng.
Itu jika kamu membuatnya sendiri. Namun jika kamu sedang berada di food court mall, ada sebuah tempat makan yang namanya Rujak Kolam Medan. Namanya memang unik. Menurut salah satu pelayannya mengapa disebut dengan nama Rujak Kolam Medan karena pertama  kali tempat makan ini letaknya tepat di samping kolam di Medan, Sumatera Utara. Oleh karena itu, namanya tetap dipertahankan meskipun Rujak Kolam Medan sudah memiliki beberapa tempat di luar kota Medan.


Buah-buahan di Rujak Kolam Medan besar dan segar. Begitu juga dengan sambalnya. Kamu bisa memesan yang pedas, sedang, atau biasa  saja kepada pelayannya.

Rujak Kolam Medan
Jl. Boulevard Raya Kelapa Gading
Jakarta Utara

Jus dan Smoothies
Banyak orang yang tidak bisa membedakan mana yang jus dan mana yang smoothies. Banyak yang menyebut smoothies sebagai jus. Sebenarnya amat mudah membedakannya. Jus dibuat dengan menggunakan juicer, sedangkan smoothies dibuat dengan menggunakan blender. Perbedaan alat pembuatan menyebabkan tekstur kedua cairan ini berbeda. Smoothies lebih kental karena masih ada serat buahnya, sedangkan jus lebih encer karena seratnya sudah dibuang.

Pertanyaannya mana yang lebih sehat? Jawabannya adalah smoothies.

Menu smoothies amat mudah ditemui dari penjual pinggir jalan hingga restoran. Namun yang perlu dicatat jika ingin sehat, usahakan tidak meminum jus dalam kemasan. Buat jus sendiri tanpa pemanis tambahan, gula misalnya. Jika ingin  smoothies yang manis, tambahkan lebih banyak buah-buahan. Sebaiknya jus juga tidak ditambahkan es jika ingin sehat. Namun untuk pemula, jangan dipaksakan. Ingat buat Anda cinta buah-buahan terlebih dahulu.


Salah satu tempat penjual smoothies yang cukup terkenal adalah Kedung Sari. Dia memiliki menu andalan adalah kopyor duren. Untuk kamu yang ingin sehat, jangan pilih menu tersebut karena penuh dengan kalori. Masih banyak menu smoothies lain yang disediakan oleh Kedung Sari. Hmmm... smoothies-nya kental, sesuai dengan harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan penjual smoothies lainnya.

Ice Juice Kedungsari
JL. Raya Perjuangan
Samping RCTI Kebon Jeruk  

Sup Buah
Sup buah juga terdiri dari banyak buah-buahan mulai dari buah naga, anggur, apel, melon, blewah, selasih, dan parutan kelapa muda. Biasa juga ditambahkan jel atau agar-agar. Buah-buahan tersebut disajikan bersama air gula, es, sirup perasa, dan susu.

Note: Usahakan menghabiskan seluruh buah-buahannya, tetapi jangan minum habis semua airnya jika ingin lebih sehat. 


Pilihan ada di tangan Anda, berusahalah untuk mencintai buah agar tubuh sehat dan fit selalu.






2 komentar:

  1. Aku suka buah yang disajikan dalam bentuk apa pun. Gak diolah pun enaaak

    BalasHapus
  2. setuju komen diatas buah mau diapain aja aku pasti sukaaa :)

    BalasHapus