Selasa, 15 Desember 2015

Sembilan Gorengan yang Bikin Ngiler!

Indonesia merupakan negara yang orang-orangnya suka sekali dengan makanan yang digoreng. Tak heran sepanjang mata memandang terlihat berderet-deret gerobak yang menjual aneka gorengan, mulai dari bakwan, tempe, pisang, sampai ubi goreng.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang Gorengan Khas Medan: Dari Pulut Goreng Hingga Godog-Godog. Nah, sekarang saya mau bercerita tentang beragam gorengan yang banyak dijual di Jakarta dan pulau Jawa. Gorengannya ada banyak sekali. Hanya kali ini saya akan membahas sepuluh gorengan yang mesti kamu coba.

Baiklah kamu yang mau mulai membaca, siapkan cabai rawit atau sambal kacang agar gorengan jadi semakin enak di mulut

Bakwan Goreng
Bakwan goreng sepertinya gorengan paling populer di Jakarta. Makanan ini terbuat dari tepung terigu dan berbagai jenis sayuran, mulai  dari kol, wortel, toge, hingga daun bawang. Ada juga penjual yang menambahkan telur agar rasa bakwan goreng lebih enak dan juga bergizi. 



Tempe Goreng
Salah satu oleh-oleh khas Bandung adalah tempe goreng yang tipis berbalut tepung yang garing. Tempe ini awet hingga beberapa hari jika disimpan dengan rapi.  



Tahu Isi Goreng
Tahu isi goreng biasanya dibuat dari tahu goreng yang dikeluarkan isinya. Isi tersebut kemudian ditambahkan beragam sayuran dan berbagai topingnya. Toping sangat variatif tergantung dengan harga jual. Biasanya tahu goreng yang dijual dengan harga 1K, isinya adalah sayur-mayur, seperti wotel, toge, atau kol. Jika hargaya lebih mahal, toping yang biasa digunakan adalah daging cincang.


Perkedel
Perkedel dibuat dari kentang yang direbus, dilumatkan, lalu diberi tambahan ayam,  kornet, atau daging giling. Setelahnya perkedel dibentuk bulat, digulingkan ke dalam telur, dan barulah kemudian digoreng sampai kecokelatan. Meskipun sama-sama karbohidrat, perkedel paling asyik jika dimakan dengan sepiring nasi hangat. 


Bakwan Jagung
Bahan utama bakwan jagung adalah tepung terigu dan jagung pipil yang kemudian diberi bumbu yang dihaluskan. Setelahnya, adonan tersebut digoreng sampai kekuningan. Angkat lalu siapkan sepiring nasi hangat. Hap... hap...hap...bakwan jagung siap disantap. 


Lumpia
Lumpia merupakan gorengan khas dari Semarang. Isinya yang paling khas adalah rebung yang dicampur dengan daging cincang dan telur. Isinya berwarna kecokelatan dan terasa manis. Lumpian biasa dimakan dengan cabai rawit hijau.


Sosis Solo
Sosis solo sebenarnya hampir sama dengan lumpia. Sama-sama dibungkus dengan kulit lumpia. Bedanya hanya diisinya. Isi sosis solo biasanya adalah ayam cincang yang warnanya putih.   


Cireng dan Risol 
Cireng dan risol merupakan goreng yangg cukup populer. Cireng terbuat dari sagu, sedangkan risol terbuat dari kulit dadar. Isiannya ada dua macam, yang pertama tumis kentang dan wortel. Yang kedua isisnya adalah tumis bihun. Ada risol yang disalut dengan tepung panir, ada juga yang  digoreng begitu saja.
 

2 komentar: