Minggu, 13 Desember 2015

Ini Caranya Membuat Lontong Legit dan Gurih

Di sebuah pasar, tak jauh dari rumah, ada seorang penjual  lontong  Betawi yang lebih ramai pembelinya dibandingkan dengan tukang lontong sayur di sekitanya. Mengapa bisa demikian? Apa yang membuat orang lebih tertarik membeli lontong sayurnya? Wah jangan-jangan pakai jampi-jampi! 

Please, jangan negative thinking dulu. Karena saya adalah salah satu penggemar lontong tersebut, saya jadi tahu persis alasan para pembeli tersebut  lebih suka membeli di warung sederhana tanpa nama ini. 



Jawabannya hanya satu karena lontong sayur yang dijual oleh Mpok ini begitu legit dan gurih. Beda sekali dengan lontong-lontong lainnya. Saya pun kepo menanyakan bagaimana cara membuat lontongnya sehingga rasanya berbeda dengan lontong lainnya.

Mpok itu ternyata sama sekali tidak pelit ilmu. Dia pun mengatakan jika lontong Betawi berbeda dengan lontong-lontong lainnya. Ketika penjual lontong lainnya suka dengan sesuatu yang praktis, misalnya dengan menggunakan plastik untuk bungkus lontong, Mpok ini tetap membuat lontong dengan resep nenek  moyangnya yang sudah turun-temurun diwariskan.

Caranya mudah katanya. Pertama beras yang sudah ditambahkan dengan sedikit garam diaron terlebih dahulu sampai setengah matang. Jika sudah begitu, nasi aron tersebut siap dibungkus dengan daun pisang. Jika sudah dibungkus dengan rapi, lontong setengah jadi itu pun diikat dengan tali rapia  dengan keras. Setelahnya, lontong-lontong tersebut direbus hingga masak.

“Cara masak inilah yang memberikan rasa yang berbeda pada lontong khas Betawi ini.” ujarnya
Awalnya saya pikir rasa gurih dari lontong direbus dengan air santan.Wahh ternyata saya salah karena yang membuat lontong menjadi lebih gurih karena disajikan dengan sayur godok buncis yang dicampur labu siam. Sayur godok adalah sayur dengan kuah santan  yang cukup kental.

Lontong sudah sangat nikmat jika dimakan dengan sayur godok yang ditambahkan dengan kerupuk, bawang goreng, dan sambal. Namun jika mau lebih enak lagi, lontong sayur bisa dimakan dengan berbagai jenis lauk lainnya.

Jengkol  Sambal
Siapa yang tak kenal dengan jengkol sambal khas Betawi. Jengkol  yang utuh direbus dahulu, kemudian dibagi menjadi dua. Masing-masing kepingan jengkol  kemudian dikeprek agar kelihatan pipih. Jika sudah,  tumis sambal dan masukkan jengkol ke dalamnya. Jika wanginya sudah mulai menyebar dan sambal sudah tercampur dengan sempurna, segera angkat jengkol dari wajannya. 

Telor Sambal
Telor sambal atau telor balado merupakan salah satu favorit untuk makan lontong. Sambalnya yang merah dan pedas membuat nafsu makan tambah dua kali lipat.


Tongkol Sambal
Selain telor sambal, lontong betawi juga enak jika dimakan dengan tongkol sambal. Ikan air laut ini digoreng dahulu sebelumnya lalu dicampulkan ke dalam sambal. Aduk hingga rata, siap disajikan.



Semur Tempe dan Tahu
Semur tempe dan tahu juga merupakan makanan khas orang Betawi. Biasanya selain tempe dan tahu, ada juga yang membuat semur kentang untuk lauk yang dimakan dengan lontong betawi.

Pucung Bandeng

Ini juga makan khas Betawi.... Ikan bandeng yang dimasak dengan pucung atau kluwak yang warnanya agak kehitaman.Saya tak bisa menceritakan bagaimana rasanya.Sebaiknya kamu coba sendiri makanan tradisional ini.Yummmy... This is why I really love Indonesian food

5 komentar:

  1. td kupikir itu arem2 isi, trnyata lontong :)... iya lntong betawi mnrtku juga lbh kaya rasa mba, drpd lontong sayur biasa... tp ttp sih, semur jengkol itu blm bs aku mkn ampe skr ;p... mndingan pete deh kalo aku

    BalasHapus
  2. Iyahhh rasanya lebih enak. Tadinya aku pikir lontongnya direbus santan biar gurih. Ternyata ngak. Klo saya sehh bisa masuk, tapi nga favorit dan nga nagih juga...

    BalasHapus
  3. Iyahhh rasanya lebih enak. Tadinya aku pikir lontongnya direbus santan biar gurih. Ternyata ngak. Klo saya sehh bisa masuk, tapi nga favorit dan nga nagih juga...

    BalasHapus