Rabu, 09 Desember 2015

Sembilan Menu Sayur yang Bikin Ngiler

Sayur merupaka menu must-have yang mesti disajikan setiap hari berdampingan dengan nasi dan lauk pauk. Jika mau badan sehat, seorang ahli food combining menyatakan makanlah lima porsi sayuran atau buah setiap hari. Thanks God, Indonesia adalah sebuah negara yang begitu subur dengan berbagai jenis sayur tumbuh dengan subur di bumi pertiwi ini sehingga banyak menu sayuran yang dapat dimakan. Sayur-mayur tersebut bisa dimakan begitu saja atau dimasak terlebih dahulu, baik dengan cara ditumis maupun direbus.

Terong Rebus
Di Indonesia ada berbagai jenis terong. Ada yang panjang berwarna ungu, ada yang bulat berwarna hijau. Biasanya yang hijau dimakan sebagai  lalapan, sedangkan yang ungu bisa dimasak dengan berbagai cara. Ada yang digoreng dulu baru disambal lado, ada juga yang direbus begitu saja.


Bagi saya terong favorit adalah terong yang direbus begitu saja seperti yang disajikan di rumah makan Padang. Biasanya terong rebus akan dituangkan bumbu kari sehingga  rasanya menjadi sungguh nikmat.

Tumis Jantung Pisang
Waktu pertama kali makan tumis jantung pisang, saya agak sedikit terkejut. Kok bisa jantung pisang dibuat tumis? Ternyata sayuran tumis jantung pisang adalah makanan khas orang Jawa. Namun demikian, orang Singkawang pun gemar dengan jantung pisang ini. Pertama-tama jantung pisang harus dibersihkan getahnya, lalu dipotong kecil-kecil. Setelahnya jantung pisang siap ditumis.  Rasanya enak dan agak manis.


Tumis Buah Pepaya
Buah pepaya yang belum matang juga bisa diolah menjadi berbagai jenis sayuran yang sedap dan lezat. Ada yang memasaknya dengan santan dan pete. Biasanya sayuran ini dibuat untuk teman makan ketupat saat hari Lenaran. Selain itu, buah pepaya juga dapat ditumis. Rasanya pun enak dan tampilannya mirip dengan tumis labu siam.

 
Pecel
Pecel merupakan gabungan berbagai sayuran,mulai dari kangkung, daun singkong, daun pepaya, daun bayam, hingga toge yang kemudian di atasnya dituangkan sambal pecel. Sambal pecel adalah sambal yang terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk lalu diberi berbagai bumbu. Biasanya pecel dimakan dengan bakwan dan tempe goreng.


Toge Goreng
Toge goreng merupakan makanan khas dari Bogor. Toge direbus kemudian disajikan dengan mie kuning dan tahu yang telah dipotong-potong. Setelah semuanya disusun dalam sebuah piring barulah dituangkan tauco di atasnya. Yummy.....


Sayur Nangka
Sayur nangka biasanya disajikan di rumah makan padang. Nangka dikuliti dan dipotong kecil kemudian dimasak dalam santan kental. Selain sayur nangka, warung padang juga menyediakan daun singkong rebus.


Tumis Daun Pepaya 
Daun pepaya adalah salah satu sayur yang rasanya pahit. Namun dengan berbagai cara, pahitnya dapat berkurang. Caranya dengan cara merebusnya dengan baking soda, diremas dengan garam, hingga direbus dengan sayuran lain. Kemudian setelahnya, barulah sayuran hijau ini ditumis dengan sedikit minyak goreng.


Tumis Pare 
Pare sama pahitnya dengan sayur pepaya. Namun setelah pare dipotong kecil, segera remas dengan garam. Niscaya rasa pahitnya akan berkurang. Setelahnya pare dapat ditumis dengan cara menambahkan tempe, udang, hingga ebi. Delicious!


Sayur Urap
Pecel merupakan gabungan berbagai sayuran,mulai dari kangkung, daun singkong, daun pepaya, daun bayam, hingga toge yang kemudian di atasnya dituangkan sambal pecel. Sambal pecel adalah sambal yang terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk lalu diberi berbagai bumbu. Biasanya pecel dimakan dengan bakwan dan tempe goreng.


1 komentar: