Sabtu, 05 Desember 2015

Lima Makanan Pontianak Ini Patut Kamu Coba!

Indonesia memiliki beragam kuliner yang khas dari beragam daerah. Ada beberapa kuliner yang mirip dari satu daerah ke daerah lain, tetapi tetap saja ada perbedaan meskipun sedikit dalam sebuah makanan khas, bisa dari bahan-bahannya ataupun bumbu-bumbunya. 

Begitu juga di Pontianak, ada banyak sekali makanan khas yang sungguh lezat dan enak. Kota dengan penduduk asli Dayak yang bersosialisasi dengan baik dengan para pendatang dari China ini menyimpan berbagai pesona kuliner. Berikut makanan khas Pontianak yang sudah terkenal dan populer di berbagai tempat.  


Nasi Campur
Nasi campur merupakan salah satu menu favorit di Pontianak. Ada  dua pilihan nasi  untuk menu ini nasi putih biasa atau nasi gurih yang berwarna agak kecokelatan, yaitu nasi hainam. Nasi campur disajikan bersama dengan beragam lauk-pauk, mulai dari daging ayam panggang, lapciong (sosis yang terbuat dari daging babi), casio garing, dan potongan daging babi merah disusun dengan rapi di atas piring. Selain itu, potongan timun dan bakut juga dihidangkan di atas piring.


Jika kamu berada di Pontianak, ada satu restoran yang menjual menu nasi campur, nama restorannya adalah Nasi Akwang Pontianak. Tempatnya biasa saja, tetapi restoran ini ramai dengan pengunjung. Rasanya yang pas di lidah yang membuat banyak orang mendatanginya untuk sekadar makan satu porsi nasi campur. Catatan bagi kamu yang ingin berkunjung ke sini, restorannya tidak buka pada hari Rabu. Selain itu, restoran ini buka untuk melayani para customer-nya.

Kuo Tie
Saya pertama kali mengenal makanan ini dari seorang teman China dari Pontianak yang gemar memasak dan menjual Kuo Tie buatannya sendiri. Bentuknya seperti dimsum dan dia hanya menjual yang isian ayam atau daging babi yang ditambahkan dengan jamur, kucai, dan wortel.  Menurutnya dengan isian tersebut  kuo tie paling enak dimakan. Namun demikian, di beberapa restoran, kuo tie seafood juga banyak dijual. Biasanya  kuo tie dimakan menggunakan kecap asin dengan potonga-potongan cabai rawit. 


Kue Cap
Jangan terkecoh dengan namanya, yaitu kue cap. Ini bukan kue, melainkan makanan berkuah yang terbuat dari kaldu rebusan tulang babi yang ditambah garam, merica, bawang putih, dan kacang kedelai. Isinya terdiri dari kwe tiauw dan kulit babi yang digoreng. Kue cap paling enak dimakan saat hangat dan ditambahkan kecap asin. Jika ingin pedas, tambahkan lebih banyak sambal. 


Yam Mie
Yam mie  adalah mie kuning dengan berbagai topping, dari kulit pangsit goreng, ayam cincang berbumbu yang berwarna cokelat, ayam rebus, cakwe, suwiran kepiting, hingga bakso ikan. Wahhh topping-nya ramai sekali. Yam mie disajikan dengan semangkuk kecil kuah.


Makanan Pontianak banyak yang tak halal. Oleh karena itu, pastikan bertanya sebelum memesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar