Minggu, 27 Desember 2015

Ini Olahan Menu Pisang yang Kamu Suka

Buah pisang tak hanya enak dimakan begitu saja. Buah berdaging warna putih ini dapat diolah dengan bermacam-macam cara. Pisang bisa dipanggang juga bisa digoreng dengan menggunakan tepung terigu. Hasilnya, dari dua bahan dasar dengan tambahan beberapa bahan lainnya menghasilkan pisang goreng yang yummy.

Berikut jenis-jenis menu berbahan pisang yang sering kita temui. Coba pilih menu pisang mana yang paling kamu suka?

Pisang Molen
Pisang molen adalah pisang yang dilapisi oleh adonan tepung terigu yang dibuat dengan menggunakan sebuah alat yang sama untuk mencetak cheese stick dan mie. Tepung yang sudah dibentuk kemudian dipotong-potong, barulah tepung tersebut digulungkan ke pisang. Setelahnya pisang siap digoreng. Pisang molen banyak dijual di street food di berbagai tempat di Indonesia.


Pisang Meler
Pisang meler adalah pisang yang dibungkus dengan kulit lumpia, lalu diberi cokelat dalamnya. Hati-hati jika pisang dimakan, lelehan cokelat akan meler dari tempat yang kamu gigit. Oleh karena itulah, pisang ini disebut dengan pisang meler.

Piscok
Sama dengan pisang meler, piscok atau pisang cokelat juga menggunakan kulit lumpia. Cuma bedanya piscok ukurannya panjang. Piscok juga diberi tambahan cokelat dan rasa kulitnya lebih garing dibandingkan pisang-pisang goreng lainnya. Biasanya selain piscok, di tempat yang sama dijual juga nangka goreng atau tape goreng.

Pisang Goreng Tepung
Pisang goreng tepung ini rasanya enak. Pisang dipotong-potong, dibentuk seperti kipas, dicelupkan pada adonan tepung cair, kemudian barulah digoreng. Pisang goreng diangkat jika warnanya sudah kekuningan. Pisang goreng Kaimantan biasanya berbentuk seperti ini.


Pisang Gapit
Pisang gapit merupakan makanan khas dari Samarinda, Kalimantan Timur.  Makanan ini terbuat dari pisang raja yang masih mentah. Pisang kemudian digeprek barulah dibakar dengan menggunakan margarin.  Jika sudah kecokelatan dan wangi, barulah pisang gapit diangkat dan di sajikan dengan sausnya.

Saus untuk pisang gampit terbuat dari gula aren yang dilelehkan dengan daun pandan sehingga aroma menjadi harum. Air gula tersebut kemudian ditambahkan buah durian yang sudah dihaluskan. Tekstur sausnya kental karena setelahnya ditambahkan tepung maizena setelah gula aren dan duren tercampur rata.

Jajanan ini banyak dijual di pinggir jalan kota Samarinda. Pisang gapit adalah camilan sore yang pas ditemani dengan secangkir teh tawar.


Pisang Roti Bakar Cokelat Keju 
Roti bakar bisa dibuat dan disajikan dengan berbagai toping. Salah satunya dengan menggunakan pisang. Pisang dipotong-potong, kemudian ditaruh di  tengah dua potong roti, kemudian di bakar. Di atasnya kemudian ditambahkan keju dan cokelat parut.


Ini merupakan menu camilan paling asyik saat sedang nonton TV atau menemani malammu saat deadline pekerjaan mengejar. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah atau memesannya di warung yang menjual mie instan atau bubur kacang hijau. Selain ketiga toping  tersebut, masih banyak toping lagi yang disajikan, mulai dari kornet, telur, nutella, hingga es krim.




1 komentar: