Senin, 14 Desember 2015

Lima Jenis Nasi yang Bikin Ngiler!

Nasi merupakan makanan pokok di Indonesia. Nasi biasa dimakan mulai dari makan pagi, makan siang, dan makan malam. Banyak orang yang menuduh karbohidrat ini adalah makanan yang menggemukkan. Namun bagi kamu penyuka nasi, jangan takut nasi tidak akan menggemukkan jika dimakan dengan porsi yang tepat.

Lagi pula, nasi itu enak banget. Jadi sayang jika kamu mesti mencoretnya dalam daftar makanan kamu. Apalagi kelima jenis nasi ini yang dimasak dengan santan hingga kaldu sehingga membuatnya menjadi sangat gurih dan lezat. Hmmm... apalagi jika dimakan dengan berbagai toping.  Yummyyy banget. Berikut lima nasi yang akan bikin lidah kamu berdansa.

Nasi Tim
Nasi tim merupakan makan khas orang Chinesse. Nasi tim terdiri dari nasi dan ayam tanpa tulang yang ditim atau dikukus. Cara membuatnya ayam yang telah dibumbui ditaruh di dasar mangkuk berbahan stainless, setelahnya barulah dimasukkan nasi putih yang dipadatkan. Nasi tersebut kemudian dikukus hingga hangat. Jika ada pembeli, barulah nasi itu ditumplekkan ke dalam piring.

Nasi tim paling enak dimasak pada saat masih hangat. Nasi tim biasanya dimakan dengan daun bawang serta acara mentimun dan bawang. Sebagai pelengkap, nasi tim dimakan bersama dengan air kaldu. 


Nasi Hainam
Nasi hainam adalah nasi yang gurih yang merupakan menu khas dari China. Beras dimasak dengan kaldu ayam sehingga rasanya menjadi enak. Biasanya nasi hainam disajikan bersama dengan beberapa ayam jahe yang warnanya pucat. Ayam berbumbu jahe ini datar jika digigit pertama kali, tetapi jika dikunyah lambat laun baru terasa lezat dan enaknya.

Nasi hainam biasanya disajikan dengan semangkuk air kaldu yang diberi taburan daun bawang dan seporsi tumis kailan. Cabai merah, cabai hijau, dan  kecap disajikan di piring terpisah sehingga kamu bisa menyesuaikan rasa sesuai dengan lidah kamu. 


Nasi Kebuli
Nasi kebuli adalah nasi yang diadaptasi dari kuliner Arab. Bedanya dengan nasi hainam, nasi kebuli dimasak dengan kaldu kambing, Rasa gurihnya kuat karena berbagai rempah dimasukkan ke dalam nasi. Di India nasi kebuli populer disebut dengan nasi biryani. Nasi kebuli biasanya dimakan bersama dengan sepotong ayam goreng dengan tumpukan emping yang banyak serta acar. Sambal ditambahkan jika kamu suka dengan rasa yang pedas.


Nasi Campur
Nasi campur merupakan makanan yang diadaptasi dari China juga. Restoran biasanya menyajikan dua jenis pilihan nasi untuk  nasi campur, yaitu nasi putih biasa dan nasi hainam. Di atas nasi kemudian diberi berbagai jenis potongan daging. Stttt... hati-hati jika makan nasi campur, bagi yang Muslim pastikan nasi campur yang kamu makan adalah nasi campur halal. Mengapademikian? Karena banyak nasi campur yang menggunakan daging babi, mulai dari daging merahnya hingga casio.



Nasi Uduk 
Nasi uduk merupakan makanan khas Indonesia. Nasi putih dimasak bersama dengan santan, daun salam, dan serai.  Rasanya menjadi gurih. Toping nasi uduk ada bermacam-macam. Ada yang memakannya bersama dengan bihun goreng dan juga tempe orek. Di atasnya lalu ditambahakan dengan bawang goreng serta kerupuk.


Selain itu, nasi uduk bisa juga dimakan bersama dengan ayam goreng dan juga lele goreng. Sebenarnya, masih banyak lauk lagi yang dapat dimakan dengan menu tersebut. Hampir semua lauk matching dengan nasi ini.

4 komentar:

  1. yang bikin ngiler juga nasi briyani mak, apalagi kalo kambingnya banyak :D

    BalasHapus
  2. Waaahhh suka kambing ya? Aku takut kolesterol mak

    BalasHapus
  3. Waaahhh suka kambing ya? Aku takut kolesterol mak

    BalasHapus
  4. Nikmat makanan khasBandung, pengen makan lagi kak, selain dibandung tempat lain ada gak yah jual makanan kaya gini
    Terimakasih artikelnya kak

    BalasHapus