Senin, 14 Desember 2015

Berbagai Olahan Ceker Ayam

Ceker alias kaki ayam merupakan bagian dari ayam yang paling keras. Dengan cara-cara masak tertentu, kaki ayam dapat "disulap" menjadi makan yang sehat, bergizi, dan juga nikmat. Caranya mulai dari dipresto hingga direbus dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dengan cara-cara tersebut, makanan dengan tingkat protein yang cukup dan lemak yang rendah ini direkomendasikan untuk dimakan asal pengelolaannya sebelum dimasak harus ekstra bersih dan hati-hati.  Jadi, tak perlu takut dengan pemberitaan yang mengatakan ceker ayam tidak bagi kesehatan, apalagi untuk perempuan dalam masa  subur.

Perhatikan saja cara pembersihannya dan pastikan bahwa ceker ayam tersebut berasal dari ayam yang segar. Jika hal tersebut sudah jelas, kamu tak perlu takut untuk mengonsumsi menu ceker ayam mana pun. Ada berbagai jenis menu  yang dapat diolah mula dari sop, soto, higga dim sum. Semuanya enak dan lezat. Namun dari sekian banyak menu tersebut, saya pilihkan empat menu terfavorit yang terbuat dari ceker ayam. Silakan kamu pilih yang mana yang kamu suka.  

Soto Ceker
Saya menikmati satu mangkok soto ceker ayam ini di Bandung beberapa waktu yang lalu. Harganya amat ramah di kantong, tetapi rasanya nikmat dan lezat. Air kaldunya amat berasa dengan isian yang banyak pula, mulai dari sayuran hingga suwiran ayamnya. Ceker ayamnya pun mudah digigit. Sepertinya ceker ayam ini sudah cukup lama direbus sehingga mudah dimakan.


Dim Sum Ceker
Ceker ayam juga bisa diolah sebagai dim sum, suatu menu khas Chinesse food. Cara pembuatannya pun tak begitu sulit. Ceker digoreng dahulu barulah dipresto sehingga tulangnya lunak dan bisa dimakan semuanya. Selagi dipresto, tambahkan berbagai bumbu yang dihaluskan. Dim sum seperti ini banyak dijual di restoran dan juga hotel. Rasanya lezat dan nikmat.


Ceker Goreng Garing
Ceker ayam juga bisa digoreng garing. Agar rasanya nikmat, lezat, dan mudah digigit, biasanya ceker ayam diungkep dahulu dengan berbagai bumbu. Barulah setelahnya digoreng dengan garing. Menu ceker ayam seperti ini biasanya disajikan di tukang pecel lele atau pecel ayam.


Soto Manggala
Soto manggala merupakan makanan khas dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Soto ini unik karena menggunakan singkong sebagai salah satu bahannya. Oleh karena itulah, soto ini disebut soto manggala. Keunikan lain dari soto ini adalah penggunaan kaki atau ceker ayam sebagai kaldunya sehingga kaldu soto ini lebih kental dibandingan soto lainnya. 

Sayangnya, saya makan soto manggala di sebuah restoran bintang lima yang notabenenya customernya adalah orang-orang bule yang geli dan tak suka dengan ceker ayam. Dengan demikian, menurut chefnya, ceker ayan ditiadakan dalam pembuatan menu tersebut sehingga rasa khasnya menjadi berkurang.



4 komentar:

  1. dimsum ceker heheheh.... keren euy

    BalasHapus
  2. paling suka dimsum ceker ato disemur kental mbaaa.. ituuuu bisa abis sepanci kayaknya :D...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh.... sampe yang lain nga kebagian ya mbak. :-)

      Hapus