Minggu, 27 Desember 2015

Dua Menu Bebek dengan Dua Sambal Kecokelatan yang Yummy

Bebek merupakan salah satu menu yang lezat dan gurih meskipun dagingnya tidak sebanyak ayam. Saat ini banyak sekali restoran yang menyajikan menu bebek, mulai dari bebek goreng hingga bebek bakar dengan berbagai jenis sambal yang bikin ngiler dari yang warnanya merah, hijau, hingga yang kecokelatan. Nah berikut ada dua restoran yang menjual bebek dengan sambal berwarna cokelat. Silakan pilih mana yang paling enak.


Bebek Cetar
Bebek Kaleyo merupakan restoran dengan menu bebek sebagai andalannya. Ada berbagai jenis menu bebek. Salah satunya adalah bebek cetar, yaitu bebek dengan sambal berwarna kecokelatan yang rasanya gurih, tetapi tidak terlalu pedas. Jenis sambal bebek cetar ini merupakan sambal adaptasi dari pulau Madura. Bebek cetar disajikan bersama dengan lalapan daun kemangi dan mentimun.

Selain bebek cetar, bebek kaleyo juga menjual bebek hijau, bebek rica-rica, dan bebek cabai hijau. Selain itu, Bebek Kaleyo juga menyediakan sate bebek dan berbagai jenis sayuran, seperti daun pepaya dan sayur jamur. Ada juga side dish dan berbagai jenis minuman.


Bebek Kaleyo 
Jl. Pemuda No. 290, Rawamangun

Bebek Combi 
Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan seorang teman lama di ITC Grand Permata Hijau untuk membicarakan suatu hal yang cukup penting. Kebetulan, di saat itu di parkir Pintu Timurnya sedang ada festival kuliner Food Truck. Yeahhhhh.....Setelah sekian lama ingin ingin makan di food truck, akhirnya kesampaian juga hari ini. Jodoh memang tak lari ke mana. Hihihihi....


Jadilah, kami pidah tempat makan siang. Yang tadi janjian bertemu di food court, langsung pindah makan siangnya di food truck. Di sini setidaknya ada15 food truck yang mangkal dengan rapi, menawarkan beraneka ragam makanan dan minuman. Setelah bolak-balik melihat tampilan mobil yang unik juga mengeker menu mana yang membangkitkan air liur, akhirnya saya memutuskan untuk mampir ke mobil VW kuning yang menyediakan nasi bebek goreng.

Karena dijual di mobil VW Combilah, menu bebek yang saya pesan diberi brand Bebek Combi. Menurut pemiliknya, yang spesial di Nasi Bebek Combi adalah sambal yang berwarna kecokelatan gelap yang terbuat dari berbagai rempah, tampilannya kurang lebih mirip dengan bumbu rendang,  tetapi kalau rasa bisa dibuktikan setelah icip-icip nanti. 

Saya pun mencoba sambal tersebut dengan secubit daging bebek goreng dan sesuap nasi. Sambalnya mantap pedasnya. Hmmm.... yummy, hanya sayangnya  daging bebeknya belum terlalu lunak.  Salah satu penyebabnya karena saya memakannya dengan sendok dari plastik. Jadi, agak susah untuk membelah-belahnya. Aromanya pun sedap, tak berasa anyir bebek, Rasanya masih bisa dibilang mantap.

Bebeknya sudah diungkep terlebih dahulu sehingga rasanya sudah sangat meresap.Warnanya pun kekuning-kuning. Bebek. Bebek bisa digoreng  juga dibakar.

Namun bagi Anda yang tak terlalu suka dengan menu bebek, Bebek Combi juga menyediakan menu ayam goreng dan bakar. Ukuran ayam tentunya lebih besar daripada bebek, tetapi harga tetap sama, yaitu 30K. Anda dipersilakan untuk memilih bagian ayam mana yang kamu suka. Ayamnya cukup lunak.... Yummy

Ayam goreng juga disajikan dengan sambal kecokelatan serta lalapan timun dan selada. Silakan mencoba!



1 komentar:

  1. bebek cetar kaleo agak mengecewakan pedesnya :(... enak sih, tp aku berharap lbh pedes gitu sambelnya, trnyata ga... bebek2 lain yg mba tulis, aku blm prnh coba.. tp pensaran ama yg combi de ;)

    BalasHapus