Senin, 14 Desember 2015

Sembilan Jajanan Pasar yang Mesti Kamu Coba

Jajanan pasar merupakan jenis kue basah tradisional Indonesia yang dulunya dijual di pasar-pasar tradisional. Namun saat ini, jajanan pasar tak melulu dijual di tempat tersebut. Restoran, supermarket, bahkan hotel-hotel bintang lima pun menjual makanan ini.  Cita rasa yang lezat dan bentuknya yang sedap di pandang mata membuat makanan tersebut dapat bersaing dengan makanan lainnya.

Ada banyak sekali ragam jajanan pasar, bahkan menurut survei jumlahnya lebih dari ratusan. Ada yang terbuat dari tepung terigu, beras ketan, ubi, singkong, dan beras. Ada yang menggunakan gula merah atau gula putih.  Warnanya pun beraneka ragam. Berikut sepuluh jajana pasar yang enak yang mudah ditemui pasar. Beberapa adalah favoritku. Bagaimana denganmu? Mana yang menjadi favoritmu?

Kue Talam Ubi
Ini merupakan salah satu jajanan pasar terfavorit.  Bentuknya kecil yang terdiri dari dua bagian warna, yang satu kuning dan yang lainnya putih. Jika dipegang kenyal  dan lembut jika dikunyah. Rasanya manis dan gurih. Yummy.....


Gemblong
Makanan yang terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa. Adonan tersebut kemudian dibentuk lonjong. Setelah itulah, gemblong dimasukkan ke dalam gula merah yang dicairkan. Tunggu hingga kering, gemblong sudah siap dimakan. Rasanya gurih dan manis.


Kue Pepe
Kue pepe atau kue lapis ini terbuat dari sagu dengan campuran santan dan gula. Kue pepe dibuat selapis demi selapis, biasanya dengan warna yang meriah. Kue ini bisa dimakan sekapis-selapis atau langsung digigit begitu saja. 


Ketan Kelapa
Beras ketan dimasak dahulu. Setelah matang, parutan kelapa kukus ditaburkan ke atasnya. Biasanya parutan kelapa diberi sedikit garam agar rasanya lebih enak. Ada juga yang menambahkan taburan gula di atasnya.


Kue Lupis
Kue lupis juga terbuat dari beras ketan yang sebelumnya sudah direndam dalam air kapur sirih selama setengahnya jam. Setelahnya beras ketan direbus dalam air selama 3-5 jam. Kue lupis dimakan bersama dengan kinca, yaitu gula merah yang telah dilelehkan bersama dengan parutan kelapa muda. 


Cucur
Cucur merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung, santan, dan gula jawa. Bentuknya bulat dengan warna yang cokelat. Rasanya manis dan gurih. Namun yang tidak mengenakan dari jajanan pasar ini adalah kue cucur terlalu banyak menyerap minyak.


Onde
Kue onde bentuknya bulat dengan isi kacang hijau yang sudah dihaluskan. Kulitnya terbuat dari beras ketan yang di atasnya diberikan taburan wijen.


Kue Pancong
Kue yang terbuat dari adonan tepung, kelapa, dan gula ini biasanya dijual di gerobak. Bentuknya hampir mirip dengan kue rangi. Bedanya terletak pada kepadatan adonan dan jenis topingnya. Toping kue pancong adalah gula pasir, sedangkan kue rangi adalah kinca. Keduaya dipanggang dalam cetakan. Rasanya yummy....


1 komentar: