Minggu, 20 Desember 2015

Begini Caranya Petai Tampil Menggoda di Menu Kamu!

Banyak orang yang alergi dengan buah petai karena aroma semriwingnya yang bikin orang bergidik. Namun, ada juga orang yang jatuh cinta dengan buah bulat berwarna hijau terang ini. Buah yang terasa getir ini bisa dimakan begitu saja tanpa dimasak sambil dicocol dengan berbagai jenis sambal. Nasi yang hangat dan ikan asin akan semakin menyemarakkan acara makan kamu bersama petai.

Selain dimakan begitu saja, petai juga dapat dimasukkan menjadi tambahan bahan yang akan membuat menu makanan yang biasa saja menjadi begitu spesial. Pete dapat ditambahkan ke sambal, nasi goreng, dan juga sambal balado. Jangan dulu langsung mengeryit, si buah getir ini akan buat lidah bergoyang. Bagi kamu yang takut dengan aromanya, saya punya tips agar baunya tak akan menganggu hidupmu dan orang lain.

Sambal Terasi Pete
Waroeng SS merupakan rumah makan yang memiliki lebih dari 20 jenis sambal. Salah satu jenis sambalnya adalah perpaduan sambal terasi dengan biji-biji petai yang tidak dimasak. Rasa pedasnya sambal terasi bercampur sempurna dengan peletukan petai yang terasa getir.


Sambal petai bisa jadi pelengkap yang yahud untuk dimakan bersama dengan ayam goreng, ikan nila goreng, dan jamur goreng. Pastikan kamu memesan cah kangkung yang akan bikin acara makan bersemangat dan lengkap gizinya.

Nasi Goreng Petai
Jika kamu biasa makan nasi goreng dengan toping telur, sosis, smoked chicken, hati, ampela, hingga daging bebek, coba sesekali kamu tambahkan mata petai yang berwarna hijau ini sebagai toping. Petai membuat warna nasi goreng menjadi semakin cantik dengan rasa yang lebih spesial.


Petai Rebus
Saya pernah mencoba menu maknyus ini di sebuah rumah makan di Bandung. Menunya biasanya saja, yaitu seporsi nasi dengan ayam bakar bagian dada yang cukup besar. Yang bikin spesial adalah terhidangnya satu papan petai rebus yang tersaji manis di atas piring. Makan siang makin mantap dengan seporsi sambal yang pedas yang bikin ketagihan.


Ikan Balado Pete
Ikan kembung biasanya digoreng kemudian ditumis dengan sambal berwarna merah. Rasanya paling nikmat apalagi jika sambalnya pedas. Namun ikan kembung akan lebih dinikmat jika ditambahkan dengan biji petai. Nasi hangat bikin makan siang semakin maknyus.


Selain lezat, petai juga mengandung banyak manfaat. Bagi kamu yang alergi karena aromanya, jangan takut. Ada cara mudah menghilangkan bau petai. Setelah makan petai, kamu siapkan satu gelas air susu kedelai. Minum habis satu gelas susu, otomatis bau petai bisa menghilang secara otomatis. Hmmmm... akan lebih segar jika kamu meminum yang dalam keadaan dingin. 

Jadi, jangan takut memasukkan petai sebagai salah satu menu makan kamu. Enjoy your food with additional topping petai!


3 komentar: