Rabu, 02 Desember 2015

Dari Kerang Kremes Hingga Kerang Saus Tiram, Mana yang Kamu Suka?

Setelah kemarin saya sudah memposting berbagai jenis kerang, mulai dari kerang hijau, kerang darah, hingga kerang macan. Kini saatnya saya membahas satu per satu menu kerang yang lezat yang pernah saya datangi di berbagai resto dan tempat makan seafood pinggir jalan.

Mahluk kecil dalam cangkang bisa dimasak dengan berbagai cara, mulai digoreng juga direbus. Ada beberapa kerang tertentu yang hanya bisa direbus, tetapi ada juga beberapa jenis kerang lain yang bisa digoreng dan direbus. Semuanya enak bergantung dengan selera. Kerang juga dapat dimasak dengan berbagai bumbu, dari saus padang, saus tiram, dan lada hitam. Mari kita coba menu-menu kerang ini satu per satu.

Kerang Kremes (14K)
Resto yang menjual kerang kremes yang yummy ini letaknya tak jauh dari kampus Trisakti. Ada jalanan besar di samping terminal Grogol, tinggal lurus saja kamu akan bertemu tempat makan yang namanya Warung Kito. Resto didesain seperti gubuk-gubuk, kamu bisa santai duduk lesehan di sini sambil memesan berbagai menu makanan.

Namun jika sedang mampir ke tempat ini, saya tak pernah lupa untuk memesan kerang kremes. Kerang yang masih ada cangkah ataupun tidak digoreng dengan adonan tepung cair, menjadi kerang kremes. Kerang kremes yang gurih dan garing ini biasanya disajikan dengan sambal terasi yang ditaruh dalam sebuah piring kecil. Sayangnya, saya tak suka sambalnya. Jadi, saya memakan kerang begitu saja. Oh ya jika menambah sambal, ada charge yang mesti kamu bayar.


Warung Kito
Jl. Dr. Susilo 3 no. 2 Grogol
Jakarta Barat

Kerang Bambu Saus Tiram (36,8)
Kerang bambu biasanya disajikan di restoran sea food karena memang harga kerang bambu lebih mahal dibandingkan jenis kerang lainnya.  Menu kerang bambu saus tiram ini kami makan di Kampoengg Nelayan di Summarecon Mall Serpong. Kerang berbentuk panjang dan berwarna hijau ini memiliki daging kerang yang berwana putih yang rasanya yummy banget. Selain dimasak dengan saus tiram, kerang bisa dimasak saus padang dan lain-lain. Recommended.


Kampoeng Nelayan
Sumarecon Serpong Unit 220
Sumarecon Mall Serpong

Kerang Hijau Saus Padang (15K)

Meskipun kerang hijau selalu diisukan mengandung zat berbahaya, kerang hijau di resto seafood jalanan ini tampaknya selalu memangil-manggil untuk dimakan dan tak pernah kehilangan penggemar. Apalagi harganya amat ramah di kantong. Kerang hijau saus padang dengan rasa asam pedas paling asyik dimakan dengan cah kangkung.

 
Seafood Pinggir Jalan Harkit Karawaci Tangerang
Seberang Farmer Market
JL Borobudur Raya Perumnas RT 01
Bencongan Indah, Kelapa Dua
Tangerang

Kerang Darah Rebus (14K)
 
Di restoran lain, biasanya kerang darah rebus disajikan dengan dengan saus yang diracik dengan nanas  sehingga memberikan rasa pedas yang asam dan nikamat. Namun di restoran Kampoeng Nelayan yang beradadi Summarecon Mall Serpong ini, kerang darah dimakan dengan saus botol tanpa tambahan apa pun. Namun begitu, rasanya kerang darahnya yang segar tetap memikat. 


Kampoeng Nelayan 
Sumarecon Serpong Unit 220
Sumarecon Mall Serpong

6 komentar:

  1. Saya lebih suka kerang rebus...
    Tapi jarang bikin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo saya suka yang goreng kremes. Garing dan gurihhhh

      Hapus
    2. Klo saya suka yang goreng kremes. Garing dan gurihhhh

      Hapus
  2. Kerang bambu nya menggoda bgt. Sayang aku ga suka kerang. Tetapi sering nemani anak2 makan. Mereka suka sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nontonin anak makan aja ya mba.... hehehe... klo buat saya, kerang makanan favorit...

      Hapus
    2. Nontonin anak makan aja ya mba.... hehehe... klo buat saya, kerang makanan favorit...

      Hapus