Selasa, 08 Desember 2015

Lima Menu Tempe yang Mesti Kamu Coba

Tempe merupakan makanan Indonesia yang sudah sangat populer di dunia. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan ini adalah makanan yang kaya gizi. Jadi walaupun harganya irit di kantong, gizinya tak kalah dengan makanan yang mahal. Kabar baiknya, makanan ini juga sudah populer di luar negeri. Jepang bahkan sempat meng-claim jika makanan ndeso Indonesia ini sebagai makanan dari negaranya.

Makanan ini juga terkenal di Perancis. Makanan ini pertama kali dipopulerkan di Paris oleh seorang perempuan yang pernah kuliah di Indonesia. Karena dia jatuh cinta dengan makanan ini dan dia tahu cita rasa makanan ini memiliki potensi yang amat bagus di Perancis, kemudian dia belajar membuat tempe hingga akhirnya sekarang dia sudah memiliki pabrik sendiri untuk memproduksinya sendiri.

Jadi, siapa yang masih berani bilang jika makanan ini ndeso? Kalau akau memang penyuka tempe sejak kecil. Makan belum berasa makan jika belum mengunyah tempe. Berikut merupakan menu tempe yang sudah sayang familiar sejak aku masih kecil. Aku  yakin kamu juga suka dengan tempe ini. Rasanya yummyyyy....

Tempe Bacem
Tempe bacem ini rasa dominannya adalah manis karena digodok dengan gula merah atau kecap, air kelapa, beserta bumbu-bumbu lainnya. Tempe bacem bisa langsung dimakan begitu saja atau bisa digoreng kembali hingga garing. Tempe bacem biasanya dijual di angkringan dan tempat makan yang menjual makanan khas Jawa.


Tempe Goreng Garing
Tempe ini hampir sama dengan tempe mendoan. Hanya saja tempe ini digoreng lebih lama jadi rasanya garing. Ini juga salah satu favoritku. Tempe goreng ini paling enak dimakan dengan sepiring nasi hangat dengan sepiring kecil kecap dengan potongan cabe.

 
Tempe Orek
Tempe mentah dipotong seukuran korek api, kemudian digoreng setengah matang. Setelahnya persiapkan sambal. Setelah siap, tumis sambal dengan sedikit minyak goreng. Setelah semuanya tercampur, tuangkan kecap di atas. Aduk hingga rata sampai semuanya berwarna kecokelatan. Tempe orek biasa disajikan di nasi uduk Betawi bersama dengan bihun goreng. Tempe orek juga bisa dijual di tempat makan yang menjual masakan khas Jawa. Tempe orek enak juga dimakan dengan seporsi nasi hangat.


Tumis Tempe Gembos
Tempe gembos merupakan salah satu jenis tempe. Tempe jenis ini bisa diolah dengan cara ditumis. Saya pernah membelinya di salah satu pasar tradisional. Makanan yang dia jual pun bermacam-macam, khas makanan Jawa, mulai dari tumis jantung pisang, tumis pare, hingga tumis daun pepaya. Yummmyyy.....


Tempe Mendoan
Tempe ini adalah menu yang pernah diperebutkan hak ciptanya beberapa waktu lalu. Hmmm... Ini salah satu tempe favoritku. Tempe yang disalut dengan adonan tepung cair dengan potongan daun seledri yang hijau. Kemudian tempe tersebut digoreng dengan minyak panas yang banyak. Tempe yang masih kekuningan dan agak pucat lalu diangkat. Tempe mendoan paling enak dimakan dengan cabe kecap atau potongan cabai rawit.



2 komentar:

  1. Tempe mendoan paling cetar, kalo tempe mendoan kurang suka karna terlalu manis

    BalasHapus