Senin, 14 Desember 2015

Enam Menu Sayuran yang Bikin Ngiler!

Bagi yang ingin tetap langsing dan mau menurunkan berat badan, menu sayuran harus wajib ada di piring makan kamu setiap hari. Setidaknya, setengah porsi makanan kamu berisi beragam jenis sayur. Seperempatnya nasi, selebihnya adalah lauk-pauk. Yang alergi dengan sayuran dan bilang sayur tidak enak, kamu sepertinya mesti mencoba Sembilan Menu Sayuran yang Bikin Ngiler. Rasa sayuran enak lho!

Selain kesembilan menu tersebut, masih ada enam sayuran lainnya yang juga akan bikin makan kamu semakin nikmat. Ada yang rasanya asin, pedas, gurih, hingga asam. Selain itu, tentunya juga bermanfaat bagi kehalusan kulit, kesehatan pencernaan, dan kecantikan. Apa saja jenis-jenis sayuran tersebut? Silakan dibaca!  

Tumis Toge Jambal
Toge merupakan salah satu sayuran favorit. Biasanya kecambah berwarna putih ini ditumis dengan berbagai bumbu sederhana, serta ditambahkan dengan tempe. Nah kemarin, saat makan Dapur Sunda, di buku menu ada tercetak tumis toge jambal. Sayur toge dengan ukuran besar ditumis dengan ikan jambal yang dipotong kotak-kotak kecil. Ikan jambal sudah digoreng dulu baru ditumis bersama dengan toge.

Sayur ini mesti dimakan dengan seporsi nasi hangat karena rasa asin yang berasal dari ikan asin jambal.


Tumis Buncis Sapi Cincang
Suka dengan tumis ini karena buncisnya tidak dimasak begitu lama sehingga masih terasa renyah. Sapi cincangnya cukup banyak sehingga menambah rasa tumis buncis semakin yummy.


Sayur Asem
Siapa yang tidak mengenal sayur asam. Sayuran yang terdiri dari berbagai jenis sayuran, mulai dari kacang panjang, buah dan daun melinjo, sayur asam, nangka, terong, dan kacang tanah. Rasa sayur asam beraneka ragam di berbagai restoran dan tempat makan. Namun yang namanya sayur asam, mestinya rasa asamnya paling dominan. Namun di samping rasa asam itu, ada restoran yang lebih kuat rasa pedas atau manisnya. Ada juga semua rasa, dari manis, pedas, dan asam sama-sama dominan.

Saya penyuka sayuran yang tiga rasa bercampur menjadi satu. Oh ya, ada juga orang-orang yang menambahkan daging tetelan sebagai campuran asam. Bagaimana rasanya? Silakan dicoba sendiri.


Sayur Lodeh
Isi sayuran ini kurang lebih sama dengan sayur asam. Bedanya sayuran ini ditambahkan santan, jadi rasanya menjadi lebih gurih.


Kangkung Belacan
Kangkung paling ini dimasak dengan cara ditumis atau dioseng dengan sedikit minyak. Ada banyak  sekali toping yang bisa digunakan untuk campurannya, misalnya seafood mulai dari udang hingga cumi. Namun dari sekian banyak, ada satu favorit sayur kangkung, yaitu cah kangkung belacan. Kangkung ditumis dengan sambal terasi, selain bumbu-bumbu lainnya. Hmmm... satu porsi nasi hangat paling ini dimakan dengan cah kangkung.  


Capcay
Sayuran yang berasal dari negri China ini juga terdiri dari berbagai jenis sayur, mulai dari kembang kol, sawi hijau serta putih, keputren, wortel, hingga kacang kapri. Biasanya ada dua jenis menu capcay, capcay goreng dan capcay. Mana yang paling enak? Semuanya tergantung selera.

Toping yang dipakai untuk capcay beraneka ragam, mulai dari seafood, daging ayam, daging sapi, bakso, hiingga sosis. Capcay enak juga dimakan tanpa nasi.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar