Kamis, 26 November 2015

Taiyaki, Kue Ikan Jepang Isi Kacang Merah hingga Vanila

Awalnya cuma sekadar lucu dan iseng ketika aku membeli Taiyaki, kue yang bentuknya ikan. Tidak berharap terlalu banyak dengan rasanya karena di pikiranku kalau kue yang bentuknya lucu, sering kali rasanya biasa saja atau bahkan kurang. Namun ketika menggigit bagian kepala taiyaki yang merupakan kue khas Jepang ini, saya jadi suka. Apalagi saya suka dengan isiannya, yaitu kacang  merah.

Karena suka, aku jadi kepo dengan bahan dan cara membuatnya. Bahannya ternyata mudah didapatkan di Indonesia, tak perlu mengimpor dari Negeri Sakura, mulai dari tepung terigu, gula pasir, bakpuder, telur ayam, dan air. Adonannya hampir sama dengan adonan untuk membuat dorayaki dan pancake.

Namun yang agak susah mungkin mencari cetakannya yang berbentuk persegi panjang. Cetakan tersebut terdiri dari dua bagian. Bagian kanan mencetak sisi taiyaki sebelah atas, bagian sebelahnya mencetak taiyaki bagian bawah.  Setelah agak matang, si chef memberikan isian di satu sisi taiyaki. Isinya bisa macam-macam, mulai dari cokelat, matcha, kacang merah, hingga vanila. Setelah cukup matang, kedua sisi disatukan. Taiyaki hangat siap disantap.

Taiyaki Ocharaka (15K)
Ini Taiyaki yang aku makan pertama kali, yaitu  di Ochakara, di food court Aeon Mall. Waktu kami datang, food court tampak sepi. Hanya beberapa orang saja yang sedang makan. Saya pun langsung menuju stand Ochakara dan langsung dilayani. Setelah membayar, chef langsung membuat taiyaki di ruang kaca sehingga kita dapat melihat bagaimana taiyaki dibuat.   

Taiyaki dijual per satuan 15K. Tetapi jika membeli tiga buah, kamu cukup membayar 40K. Ada diskon sebesar 5K setiap pembelian 3 pieces.

Rasanya lembut. Aku sendiri memesan taiyaki dengan toping kacang merah. Dua taiyaki lainnya diisi dengan cokelat. Rasanya sama-sama enak.Aku hanya memakan satu taiyaki karena kami akan makan malam di food court atas. Satu taiyaki cukup untuk mengisi perut untuk sementara!


Ocharaka 
AEON Mall  Lantai Ground, Food Culture
Jl. BSD Raya Utama, Serpong, Tangerang
No telp:  021 7249286

Taiyaki Patisserie (28K)
Saya makan Taiyaki ini di Jakarta Street Food Festival (JSFF) di La Piazza beberapa waktu yang lalu. Tema JSFF kali itu adalah Eropa. Namun begiitu, tak hanya makanan Eropa yang dijual di sini. Makanan Indonesia hingga Jepang juga memeriahkan acara kuliner yang diadakan setiap tahun ini.

Salah satu makanan khas Jepang yang hadir dalam acara ini Taiyaki Paisserie. Namun taiyaki yang dijual di sini agak berbeda dengan taiyaki Ocharaka. Taiyaki Pattisserie  tak terlalu tebal sehingga teksturnya lebih garing dibandingkan dengan taiyaki Ocharaka. Ada berbagai toping yang disediakan, tetapi saya memilih matcha supaya terasa Jepang-nya.


Taiyaki Patisserie 
Central Park Mall, Lantai Ground
Jl. Letnan Jendral S. Parman, Slipi,
Jakarta Barat 


6 komentar: