Kamis, 19 November 2015

Ini Tiga Makanan Manado yang Mesti Kamu Coba

Indonesia memiliki banyak suku yang masing-masing memiliki kuliner khas. Salah satunya adalah Manado, yang terkenal dengan wanita-wanita cantiknya yang suka berpesta dan sepertinya gemar memasak.

Ada berbagai makanan yang terkenal dari suku ini. Ada makanan yang menurut orang luar Manado sungguh ekstrem, tetapi banyak juga makanan Manado yang begitu lezat yang mesti kamu coba.

Namun ada banyak juga Manado yang sudah terkenal kelezatan. Ada ikan cakalang pampis yang terbuat dari ikan cakalang yang disuwir-suwir, lalu dicampurkan menu sambal balado yang dibuat kering. Oleh karena itu, menu ini bisa tahan lama.

Masih banyak menu manado lainnya yang tak kalah lezat.

Bubur Manado (Tinutuan)
Bubur orang Minahasa ini sungguh khas. Berbagai jenis sayuran dimasukkan, mulai dari wortel, bayam, jagung, kemangi, hingga tomat. Bubur ini tidak menggunakan daging sama sekali. Sebagai gantinya, tinutuan disajikan dengan ikan teri balado.

Ini merupakan makanan sehat karena mengandung banyak serat dan tidak mengandung lemak.


Ikan Gurame Dabu-Dabu
Dabu-dabu merupakan sambal khas Manado, yang terbuat dari cabai, bawang, dan tomat yang diiris-iris kemudian ditambahkan air perasan jeruk nipis. Jika semuanya sudah tercampur, dabu-dabu tinggal dituangkan ke ikan goreng atau bakar. Rasanya pedas segar karena rasa asam dari jeruk nipis.


Ikan  Cakalang 
Ikan cakalang banyak dipergunakan di berbagai menu masakan  Manado. Ada menu ikan cakalang yang disuwir-suwir kecil-kecil, setelah dimasak dengan berbagai bumbu. Jadilah ikan cakalang pampis. Namun yang saya makan ini adalah ikan cakalang yang utuh. Ikan yang berbau asap khas ini dimakan dengan sambal dabu-dabu yang pedasnya luar biasa. Di sebuah tempat makan Manado di daerah Karawaci, ikan cakalang ini disajikan bersama dengan tumis daun pepaya yang rasanya pahit.

Indonesia memang kaya dengan keberagaman kulinernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar