Sabtu, 28 November 2015

Para Pecinta Kentang, Ini Menu dari Kentang yang Patut Kamu Coba

Kentang merupakan sumber bahan karbohidrat yang bisa dijadikan berbagai menu yang yummy. Kentang yang biasa kita makan adalah french fries alias kentang goreng yang biasa kita makan dengan ayam goreng atau cimol. Selain digoreng, kentang bisa diolah menjadi berbagai macam menu, mulai dari dipanggang dan kemudian diberikan berbagai bumbu hingga ditumbuk halus kemudian diberi keju. Makanan yang saya sebut terakhir adalah mashed potato.

Kentang juga bisa dihaluskan kemudian dijadikan sup krim dengan berbagai tambahan dan bahan yang membuat rasanya selalu di hati. Semua makanan berbahan kentang tersebut dapat kita temukan di berbagai tempat, mulai dari makanan kaki lima hingga restoran bintangg lima.

French Fries 
Menu kentang yang digoreng sepertinya paling sering kita temui di restoran cepat saja untuk teman makan burger atau ayam goreng. Namun saat ini, penjual kentang goreng datang dengan berbagai menu french fries yang menarik. Salah satunya adalah Hi-Fries. Saya pernah membelinya di Pop Up Market, sebuah bazar yang diselenggarakan di Grand Indonesia. Ada lima pilihan saus, yaitu keju, barbeque, rumput laut, boloignase, dan garlic.  Satu porsi kentang dijual dengan harga 25K.  Hi-Fries juga memiliki gerai di Kelapa Gading.


Hi Fries
Jl. Boulevard Raya, Kelapa Gading
Jakarta Utara 14240 

Roasted Potato
Di deretan pasta bar di The Cafe, Hotel Mulia, roasted potato alias kentang panggang ditemukan. Bersebelahan dengan menu daging domba yang menantang. Jadi pada saat pesanan saya spagheti aglio olio dimasak, saya mengambil beberapa potong roasted potato. Warna cokelatnya sungguh memikat dengan rasa yang begitu gurih. Garing di luar, tetapi lembut di bagian dalamnya. Roasted potato lebih sehat dibandingakan dengan french fries.  


 
The Cafe, Hotel Mulia
Jl. Asia Afrika Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

Loaded Baked Potato
Sup dari kentang dengan campuran susu dan bacon ini saya temukan di dekat roasted potato di The Cafe, Hotel Mulia. Bagi para pecinta sup kentang yang lezat dan creamy, jangan lewatkan menu ini. Anda bisa memakannya dengan roti.


The Cafe, Hotel Mulia
Jl. Asia Afrika Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
 
Mashed Potato
Kentang direbus terlebih dahulu, kemudian ditumbuk sampai halus. Keju biasanya ditambahkan ke dalam mashed potato. Namun mashed potato buatan dari Pepper Lunch ini, kejunya kurang kentara dan tak ada bacon di dalamnya. Ini yang membuat mashed potato ini kurang juara. Di atasnya dituangkan saus cokelat dengan daun peterseli.


Pepper Lunch
UGF , Supermall Karawaci
JL. Boulevard Diponegoro
Bencongan, 105,
Curug, 15811 Tangerang , Banten

Perkedel Kentang
Selain keempat menu tersebut, masih banyak menu kentang lainnya. Salah satunya adalah perkedel, makanan yang terbuat dari kentang yang dihaluskan. Biasanya kentang tersebut ditambahkan daging ayam atau sapi cincang. Keduanya bisa juga diganti dengan kornet. Setelah semuanya tercampur, kentanggg dibentuk bulat dan kemudian dilapisi dengan telur. Setelahnya, perkedel sudah siap untuk digoreng. Jika warna sudah kecokelatan, perkedel sudah bisa diangkat dari minyak panas.


Dapur Buntut PIK
Rukan Garden House Blok B No.18E
Bukit Golf Mediterania
Pantai Indah Kapuk Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar