Senin, 30 November 2015

Mengenal Side Dish Gratis Ala Restoran Korea


"Mba, sepertinya saya nga pesan makanan-makanan ini." Kata saya sambil menunjuk enam piring kecil berisi berbagai jenis makanan khas Korea.

"Ohhh.... ini side dish, bu. Setiap pengunjung di sini akan disajikan semua makanan ini." Jawabnya sambil terus menaruh piring-piring tersebut di atas meja kami.

"Kalau mau tambah, kena biaya tambahan lagi nga?" Tanyaku iseng sambil tersenyum.

"Tidak bu, kami akan tambahkan jika Ibu meminta tanpa ada additional charge."

Ternyata, memang begitulah di restoran Korea. Ada berbagai side dish yang disajikan gratis untuk para pengunjungnya. Salah satunya di Restoran Korea Han Gang di Mall Taman Anggrek saat kami makan malam beberapa waktu lalu.

Saat itu ada enam side dish yang disajikan dengan porsi kecil. Angka enam dan jenis-jenis makanan di sini bukanlah patokan. Karena di restoran Korea lainnya, jumlah side dish bisa lebih banyak bahkan karena begitu banyaknya seluruh meja hampir seluruh terisi dengan makanan.

Berikut enam side dish yang disajikan di Han Gang Restaurant 

Algamja-Jorim
Algamja-jorim atau braised baby potato adalah side dish pertama yang datang ke meja kami. Kentang dengan ukuran kecil yang masih lengkap dengan kulitnya ini mengingatkan saya pada kentang di menu rendang Padang. Namun  algamja-jorim ini ditumis dengan kecap yang kental lalu di atasnya ditaburi wijen.


Sigeumchi Namul
Saya menyebutnya sebagai bayam tumis. Namun, jika melihat pengertiannya di Wikipedia, definisi saya mengenai sigeumchi namul tadi kurang tepat. Sigeumchi namul adalah bayam yang direbus sebentar dan diaduk dengan minyak wijen, bawang putih, dan kecap asin. Sigeumchi namul biasa ditambahkan untuk makanan utama, seperti chapchae, kimbap, dan bimbimbap.

Satu-satunya menu side dish yang kami minta tambah adalah menu ini.



Braised Tofu
Tofunya yang lembut dipotong kotak-kotak kecil. Tofu itu kemudian dimasak hampir sama dengan side dish baby potato, ditumis dengan kecap yang kental.  Sepertinya cara memasak ini begitu populer di Korea. Salah satunya menu braised tofu ini.   



Kimchi Lobak
Kimchi merupakan sayuran yang sangat populer di Korea. Kimchi adalah hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas yang dicampur bawang putih, daun bawang, cumi-cumi , tiram, jahe, garam, dan gula. Rasanya segar. Kimchi bisa langsung dimakan begitu saja atau  bisa digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan khas Korea lainnya.



Kimchi Sawi Putih
Selain kimchi lobak, kimchi yang terbuat dari sawi putih juga sangat populer di Indonesia. Cara pembuatannya sama saja dengan kimchi lobak. Rasanya juga sama-sama segar. 


Salad
Side dish berupa salad ini berisi sayur-mayur yang telah matang. Kurang lebih isinya sama dengan salad yang kita makan di restoran Italia yang menjual Pizza. Dressing-nya mayonais dengan taburan kacang di atasnya. Salad seperti ini biasa disajikan bersama dengan pancake khas Korea yang biasa disebut dengan Hemul Pajeon. Saya lebih suka menyebutnya dengan martabak telur dibandingkan pancake.
 

Han Gang Restaurant
Mall Taman Anggrek Lt.4
Jl.S.Parman Daerah Khusus Ibukota Jakarta
11440

10 komentar:

  1. Wah....enaknya ada makanan fee nya...jd pengen nyerbu kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieehhh yahhh pasukan madyang. Pengennya nyerbuh ajahhh

      Hapus
  2. Aku suka kimchinya.. Pasti seger banget rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman2 aku yang Korea abis sehh, bilangnya seger banget😊

      Hapus
  3. lidahku gk cocok makanan Korea :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sebenarnya ngak cocok2 banget. Karena sering ikutan makan, udah ada beberapa makanan yang udah cocok di lidah

      Hapus
  4. aku tuh ga cocok ama makanan korea :D... 3x makan di resto korea, yg pemiliknya aja udh org asli sono, ttp aja feelnya kurang dapet.. ada sih menu yg aku suka, trutama yg bntuknya sop.. tp kalo nasi campurnya itu, ato kimchi, huaaaa ga ketelan mba :D.. tp ttp aja walo ga suka ama makanannya, korea ttp pgn didatangin thn dn :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kurang lebih sama. Kayanya lebih mantap makan nasi padang pake rendang sama cabe hijau. Tapi karena sering2 coba, udah mulai suka beberapa. Tapi nga pernah sampe pengen banget. Klo k korea, itu keinginan aku juga. Hihihihi... semoga cepat terwujud ya mba

      Hapus
  5. saya paling suka sama kimchi sawi putih sama ikan teri itu enak banget hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohhh ya... lucu juga ya klo pake teri balado. Good idea, secara aku penyuka teri medan mba. Hehehe

      Hapus