Senin, 30 November 2015

Dari Ayam Goreng Kremes Sampai Chicken Karage, Mana yang Kamu Suka?

Ayam goreng merupakan menu makanan yang mudah dicari, mulai dari restoran waralaba hingga warung tenda hampir semua menyediakan menu favorit ini. Ada ayam goreng tepung yang dimakan dengan saus sambal dan saus tomat. Ada ayam kremes yang dimakan dengan sambal terasi atau sambal hijau. Masih banyak jenis yam goreng lainnya yang akan bikin kamu ngiler. Nah, dari sekian banyak ayam goreng, manakah yang paling kamu suka?

Ayam Goreng Tepung
Ayam goreng ini pertama kali diperkenalkan oleh restoran fast food dari Amerika Serikat di Indonesia. Namun sekarang, warung-warung pinggir jalan juga menjual ayam goreng jenis ini. Ayam diberi adonan tepung yang sudah diberi bumbu sebelumnya. Setelah semua sisi ayam goreng sudah ditutupi tepung yang tebal, barulah ayam siap digoreng dalam minyak yang banyak dan panas.

Hasilnya adalah ayam goreng yang renyah dan gurih. Ayam goreng ini bisa dimakan dengan nasi atau kentang goreng (french fries), atau bawang bombay tepung (onion ring) beserta saus tomat atau sambal. Biasanya anak-anak paling menyukai jenis ayam ini.


Ayam Goreng Kremes
Ayam goreng kremes dan ayam goreng tepung sebenarnya sama-sama menggunakan tepung. Namun  bedanya, terletak pada ketebalan dan tekstur tepungnya.  Kalau ayam goreng tepung, tepungnya tebal dan menempel semua di ayam. Tepung pada ayam kremes tak menempel semua di daging ayam. Ada serpihan kremes yang kuning kecokelatan  yang tidak menempel di ayam. Rasanya garing dan juga gurih.

Ayam kremes biasanya disajikan bersama dengan sambal ulek merah atau hijau dengan berbagai lalapan, mulai dari selada, timun, dan  kemangi.


Chicken Karage
Chicken karage biasanya juga dijual di restoran waralaba ala Amerika. Bedanya dengan dua ayam goreng sebelumnya, chicken karage sudah difillet. Jadi, tulangnya sudah dibuang terlebih dahulu. Barulah setelahnya, lembaran ayam  yang tipis tersebut disalut dengan adonan tepung yang sudah diberi bumbu yang membuatnya terasa gurih. Biasanya chicken karage dimakan bersama saus cabai atau saus tomat botolan.

Di salah satu restoran fast food di food court Senayan City, chicken karage dipaketkan dengan satu porsi nasi dengan porsi sedang dan lemon tea dingin. Menu tersebut cukup untuk mengisi lambung. 


Ayam Goreng Ungkep
Berbeda dengan tiga ayam di atas, ayam jenis ini diungkep atau direbus dengan berbagai bumbu, mulai dari kunyit hingga serai terlebih dahulu. Dengan proses tersebut, bumbu sudah meresap hingga ke dalam dan warnanya pun menjadi sungguh cantik. Pada prinsipnya, ayam ungkep sudah masak. Jadi, jika hanya ingin digoreng sebentar, tidak apa-apa. Ingin menggorengnya sampai garing, juga dipersilakan.  

Ayam seperti ini banyak disajikan dengan sambal ulek dan lalapan, seperti selada, tomat, dan mentimun. Bisa juga disajikan dengan sayur tumis seperti gambar di bawah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar