Minggu, 17 Januari 2016

Jajanan Khas Medan: Putu Bambu hingga Putu Mayang

Memasuki tempat makan di bekas Permata Sport Club Karawaci, ada aroma wangi yang sepertinya selalu memanggil kami untuk mampir di gerobak yang berada di bagian depan ujung area ini. Aroma wanginya berasal dari wangi kue putu bambu. Mmmmhh.... wangi sekali. Setiap kali ke sini, biasanya saya selalu mampir untuk membeli sepotong atau dua potong kue di gerobak tersebut.

Gerobaknya kecil, hanya menjual beberapa jenis kue, mulai dari kue putu bambu, klepon, kue lupis, dan kue putu mayang. Di depan kaca tertulis, kue putu bambu khas Medan.

Saya pun mengeryitkan dahi sambil berkata “memang kue putu bambu aslinya dari Medan ya?”


Untungnya penjualnya begitu ramah dan memberikan penjelasan yang bermanfaat. “Iya memang putu mayang ada yang asli dari Jawa, tapi biasanya berwana hijau. Kalau kue putu dari Medan, warnanya putih.” Baca juga Gorengan Khas Medan: Dari Pulut Goreng hingga Godog-Godog.

 Ohhh begitu kata saya sambil manggut-manggut. Saya pun memesan kue putu yang satunya dibanderol dengan harga 3K per bijinya. Minimal kita harus membeli dua buah. Sebelum dikemas, adonan kue putu yang kering dipadatkan dalam sebuah bambu, barulah diuapkan sebentar, lalu diangkat dan setelahnya baru ditaburkan parutan kelapa dan gula pasir. Bagi saya yang penggemar makanan negri sendiri, saya sangat suka dengan kue putu yang isinya gula merah ini. Rasanya legit. I love it. 

Kue Putu Mayang
Selain kutu putu bambu, Medan juga memiliki ciri khas dari kue putu mayangnya. Jika putu mayang khas Jawa, warnanya bisa warna-warni, biasanya hijau dan merah jambu. Kue putu mayang Medan warnanya sama dengan kue putu bambu,  putih.

Selain warna,  ada lagi perbedaan keduanya. Jika yang khas Jawa, dimakan dengan kuah yang terbuat dari gula merah yang dicairkan. Kalau khas Medan, kue putu mayang dimakan bersama dengan parutan kelapa dan gula. Hmmm... saya suka dengan bentuknya seperti bihun yang menyatu. Rasanya pun gurrih.



Kue Lupis
Penjual gerobak ini juga menjual  kue lupis yang dibungkus dengan daun pisang. Bentuknya segitiga. Iseng-iseng saya bertanya apakah bahan kue lupisnya 100 persen terbuat dari beras ketan. Pertanyaan ini berdasarkan pengalaman beberapa waktu yang lalu membeli kue lupis,yang tak berasa gurih karena takaran beras ketan dan campuran beras biasanya tak berimbang.


Ternyata memang benar apa yang dikatakan penjual, rasa kue lapisnya gurih. Kue lupis dimakan denga kuah gula merah yang manisnya tepat banget.

Oh ya khusus untuk kue putu mayang dan kue lapis,  kamu tetap dilayani walaupun membeli hanya satu piece.

Klepon
Kue klepon yang bulat-bulat kecil juga dijual di sini. Klepon warnanya hijau  dengan isi gula merah yang mencair jika digigit. Di atasnya diberi taburan parutan kelapa. Klepon yang terbuat dari tepung ketan ini juga rasanya enak dan gurih.

Argghhh.... makanan Indonesia tak kalah rasanya makanan luar. Selain itu, rasanya pun sangat ramah di kantong.


Selain makanan-makanan tersebut, masih banyak makanan lain yang dijual di Permata Sport Club Karawaci. Besok kamu akan saya ajak lagi menjelajahi makanann lainnya.

6 komentar:

  1. Duh mateng ini. Buat aku laper malam-malam gini, Kakak. Hahahaha...

    BalasHapus
  2. Wah berarti di kampungku putunya dari Medan ya soalnya warnanya putih dan dinakan pakai parutan kelapa pkus gula.

    Itu makanan waktu kecil dulu sambil pedagangnya bikin suara tuittt...tuit... Epik banget masa2 kecil

    Salam dari Rembabg :)

    BalasHapus
  3. Wah berarti di kampungku putunya dari Medan ya soalnya warnanya putih dan dinakan pakai parutan kelapa pkus gula.

    Itu makanan waktu kecil dulu sambil pedagangnya bikin suara tuittt...tuit... Epik banget masa2 kecil

    Salam dari Rembabg :)

    BalasHapus