Sabtu, 09 Januari 2016

Lima Tempat Makan di Rawamangun

Rawamangun merupakan salah satu tempat kuliner yang cukup lengkap di daerah Jakarta Timur. Berbagai tempat makan yang menawarkan beragam makanan tersebar di beberapa bagian, mulai dari yang dekat dengan Arion Mall sampai tempat makan berjejer di sepanjang jalan dekat Tip Top Swalayan. Ada yang model restoran, gerobakan, hingga warung tenda. Bolak-balik makan di sana, sepertinya saya belum  habis mencobanya satu-satu. Itu saking banyaknya tempat makan di Rawamangun.

Namun dari sekian banyak tempat makan, ini lima restoran dan tempat makan yang ada di Rawamangun yang bisa kamu coba jika sedang bingung mau makan apa ketika berada di sni. Saya sengaja memillih lima tempat makan yang menjual makanan yang berbeda, mulai dari bakso bakwan malang, pasta, bebek goreng, ayam goreng, hingga nasi goreng.

Ayam Penyet Surabaya
Tempat makan ini tak jauh dari Tip Top Swalayan. Kalau kamu berada di perapatan gereja HKBP Rawamangun, kamu bisa berjalan sedikit dan menemukan tempat makan yang sederhana ini.  Ketika  ke sana, saya datang pada saat jam nanggung, bukan makan malam dan juga bukan makan siang. Namun, tempat makan ini tetap saja ramai.


Untuk menu late lunch kali ini saya memilih paket ayam penyet yang terdiri dari ayam goreng, nasi putih, tempe, dan tahu goreng  dengan sepiring kecil sambal bawang. Rasa ayamnya cukup enak, tetapi yang istimewa dari menu paket ini adalah sambalnya. Pedasnya berasa. Saya bahkan  minta tambahan sambal lagi. Pelayan pun dengan cepat mengantarkan  pesanan saya.

Cuma sayangnya, ketika saya memesan ayam goreng bagian dada, yang datang malah paha. Ketika saya komplain, pelayannya bilang kalau bagian dada habis.

“Lho kok nga bilang-bilang dulu.” kata saya dalam hati.

Ya sudahlah, saya makan saja menu  yang sudah tersedia di meja. Untung rasanya enak!

Ayam Penyet Surabaya 
Jalan Balai Pustaka Timur No.49
Rawamangun

Bebek Kaleyo
Bebek Kaleyo memiliki banyak cabang di Jakarta. Salah satunya berada di daerah Rawamangun. Di depan kantor Cabang BCA, hampir berdekatan dengan restoran Ampera. Restoran yang tidak buka setiap minggu ini memiliki menu andalan bebek. Favorit saya di sini bisanya bebek goreng cabai hijau yang pedasnya bikin gerah.


Untuk kali ini kami memesan satu porsi  ayam goreng kremes dan satu porsi ayam bakar yang juga diberi tambahan kremes garing.  Sate bebeknya juga bikin ngiiler. Selain bebek, ada juga berbagai jenis menu ayam. Sebagai pelengkapnya, kamu bisa memilih dimsum serta berbagai jenis sayuran. Baca juga Makan Bebek Tanpa Amis dan Alot.

Bebek Kaleyo
Jl. Pemuda Rawamangun
Jakarta Timur

Warung Pasta
Restoran ini terletak berdekatan dengan Ayam  Penyet Surabaya.  Tempatnya cukup luas dengan pelayan yang ramah. Di sini berbagai makanan ala Barat dijual, mulai dari berbagai pasta, pancake, calamary, cheese ball, garlic bread, pizza, hingga french fries. 


Siang itu saya memilih pasta snow white, spagheti  creamy dengan toping kerang hijau dan udang dengan ukuran M. Hmmmm....  saran saya jika  kamu mau makan pasta di sini, pilih pasta dengan yang aman.  Begini maksudnya. Harga pasta di sini bisa dibilang ramah di kantong jika dibandingkan dengan Pancious atau Bakerzin.  Jadi, jangan berharap topingnya akan banyak, apalagi jika kamu memilih toping seafood. Untuk pasta yang cukup aman adalah pasta chucky  flucky, pasta dengan minyak zaitun dengan cabai rawit, bawang putih, bawang bombay, serta tuna.

Warung Pasta
Jl. Balai Pustaka Timur D6 No.53, Jakarta

Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis
Tempat makan bakso bakwan malang ini selalu ramai, perlu menunggu dan mengantre.  Begitu juga ketika saya datang ke sana. Saya mesti antre tempat duduk, setelah itu antre pula mengambil semangkuk bakso bakwan malang yang diambil secara self service.


Ada dua jenis bakso yang dijual di sini, ada bakso halus dan bakso urat. Jenis goreng-gorengannya pun  lengkap. Menurut saya goreng-gorengan yang paling enak di sini, mulai dari kekian, bakso goreng, dan pangsit goreng. Ada juga rebus-rebusan, mulai dari siomay tahu putih dan cokelat, hingga siomay. Baca juga Makan Pun Mesti Antre di Bakwan Malang Cak Su Kumis.

Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis
 JL. Rawamangun Muka Barat, No. 14,
Jakarta

Bakmi Golek
Restoran ini berada tepat di belakang Arion Mall. Restoran berlantai dua ini cukup luas tempatnya dengan pelayan yang ramah. Biasanya kami akan mengambil  tempat duduk di pojok di dekat kolam ikan yang dulu banyak  ikannya.


Menu andalan di sini adalah bakmi. Namun beberapa waktu lalu kami datang ke sini, kami memesan nasi goreng spesial dan nasi goreng biasa. Nasi dimasak dengan toping ayam, mulai  dari daging hingga hati dan ampela dimasukkkan ke dalamnya.Untuk nasi goreng spesial diberi tambahan telur ayam ceplok,sedangkan yang biasa tidak. Porsinya cukup besar.

Bakmie  Golek
Jl. Paus Raya No.12-C
Rawamangun


8 komentar:

  1. Maknyus semuaaaa huhuu
    Jd pingin yg paling bwh

    BalasHapus
  2. cuma ayam penyet surabaya yang pernah kita coba hehehe

    BalasHapus
  3. baso bakwan Malang itu mengundang banget... Pas dkt2 area rumah pulak :D

    BalasHapus
  4. kalo lihat makanan..akkkk kagak nahan..jadi laper....

    BalasHapus
  5. Jadi pengen bakwan Malang...., uuuh lapeer

    BalasHapus
  6. Ada bakso enak deket obe kithen loh mak kykny prnh saya review di blog dr gerobak pinggit jalan skrng pnya kios. Blom buka udh antre habis jam 5 sore susah kl ke sini malem suka ke abisan

    BalasHapus
  7. Kapannya saya jalan-jalan ke Jakarta lagi?

    BalasHapus