Kamis, 14 Januari 2016

Makanan Serba Hitam, Ngeri atau Lezat?

Dahulu hitam identik dengan sesuatu yang gelap, seram, dan mengerikan. Namun sekarang, zaman sudah berubah. Banyak menu yang biasanya berwarna kecokelatan dengan kreativitas yang tinggi berubah menjadi makanan warna hitam. Thanks untuk para chef dan pecinta kuliner, dengan berbagai zat pewarna alami dapat menyulap makanan dengan warna biasa menjadi sesuatu yang begitu tempting.  Kombinasi warna toping dan kuah dalam menu warna hitam tampak begitu unik dan menggoda untuk disantap.

Berikut menu-menu hitam yang bisa Anda coba

Burger dan Hotdog Hitam
Tak hanya makanan ala Asia mendapatkan modifikasi menjadi makanan warna hitam. Makanan ala Barat, seperti burger dan hotdog pun bisa berubah menjadi hitam. Namun tidak seluruh isinya berwarna hitam. Warna timun, tomat, saus, mayonais, smoked beef, atau sosisnya tetap biasa saja. Yang berubah biasanya hanya warna rotinya.


Salah satu restoran yang menjual burger dan hotdog hitam adalah Food Truck Chee Gen yang wara-wari dari satu mall ke mall lain dengan bus kuning berukuran sedang yang sudah dimodifikasi.


Udon Hitam
Udon adalah mie khas Jepang yang berbentuk  lebar dan tebal. Udon bisa dimakan dengan berbagai jenis kuah dan toping.Topingnya bisa berupa ikan salmon hingga berbagai jenis tempura. Di Indonesia sekarang banyak sekali restoran menjual udon, salah satunya  adalah restoran En Japanese Dining yang berada di Senayan City Jakarta Selatan.

Selain menjual udon dengan warna yang biasa, restoran ini juga menjual udon yang berwarna hitam. Hanya dengan menambahkan uang sebesar 5K, kamu sudah bisa mendapatkan udon yang sudah diberi pewarna tinta cumi. Rasanya kurang lebih sama dengan udon biasa. Tambahkan beberapa jenis tempura sehingga menu udonmu  menjadi ebih nikmat.


Jajangmyeon
Jajangmyeon adalah mie khas Korea dengan saus hitam yang terbuat dari pasta kedeai hitam. Menu ini di Korea adalah menu wajib yang dihidangkan pada saat Black Day, yaitu hari ketika para  jomblo, baik  perempuan dan laki-laki, bertemu merayakan "Hari yang Gelap" yang jatuh pada tanggal 14 April setiap tahunnya. Sebagai pelengkap, para jomblo juga akan minum kopi hitam. Lucu sekali ya perayaannya.


Di Indonesia menu mie Korea hitam ini juga banyak dijual di restoran-restoran. Saya pernah mencobanya di sebuah restoran Korea di food court Supermall Lippo Karawaci. Mie yang terbuat dari gandum ini di atasnya dituangkan saus kedelai hitam yang telah dicampur dengan kentang, jamur, serta daging sapi.  Jadi, ketika kamu mengaduknya, mie akan berubah menjadi warna hitam.  

Pangsit Hitam
Waroeng Mee yang berada di daerah Menteng memiliki satu menu mie yang namanya Mie Edgy Hitam. Topingnya hampir sama dengan mie lainnya. Bedanya di menu ini ada dua potong pangsit garing yang berwarna hitam.


1 komentar: