Kamis, 07 Januari 2016

Mencicipi Udon Hitam dengan Salmon dan Berbagai Jenis Tempura di Tamoya Udon

Akhir-akhir ini sepertinya sedang “ngidam” makanan Jepang. Baru kemarin cipika-cipiki dengan teman-teman lama di En Japanese Dining di Senayan City yang menyajikan berbagai jenis makanan mulai dari Kulit Salmon hingga Baby Octopus. Beberapa hari kemudian langsung kepingin mencicipi mie ala Jepang, Udon, di Tamoya Udon yang letaknya berada di  Ground Floor Emporium Pluit. 

Kabarnya di restoran tersebut ada udon yang berwarna hitam. Selain itu, ada juga udon dengan warna  yang biasa. Warna hitam pada udon disebabkan oleh tinta cumi sebagai bahan pewarna alami. Oleh karena itu, setelah mendapatkan tempat duduk di pojokan, kami pun segera memesan menu-menu berikut

Salmon Teriyaki Black Udon (65K)
Akhirnya kesampaian juga makan satu porsi udon hitam dengan dua potong salmon yang dimasak dengan saus teriyaki. Potongan salmonnya cukup besar. Puas menyantap salmon dengan udon yang kenyal tetapi pas di lidah, apalagi dengan perpaduan kuah kari ikannya yang hangat. Di atas udon ditambahkan potongan-potongan daun bawang yang membuat udon semakin cantik warnanya dan lebih enak rasanya.


Salmon Teriyaki Udon (71K)
Seperti yang tadi saya katan di sini juga dijual udon dengan warna yang biasa. Perbedaan menu ini dengan menu di atas hanyalah perbedaan warna udonnya saja.  Menu ini sama-sama menggunakan dua potong salmon teriyaki sebagai topingnya. Ada satu lagi bedanya udon ini dengan udon di atas, yaitu ada tambahan toping lainnya, telur rebus ceplok yang warna kuning telurnya sangat memikat.  Setiap ada penambahan toping, kamu akan dikenakan biaya ekstra.


Sanuki Hot Black Udon (35K)
Wahhh apalagi bedanya udon ini dengan kedua udon yang di atas. Menu ini disajikan dengan udon yang berwarna hitam sama dengan menu pertama, tetapi udon ini polos tidak menggunakan toping salmon. Sebagai tambahannya, kami  mengambil berbagai jenis tempura sebagai topngnya. Untuk sekadar informasi, beda harga udon biasa dengan udon hitam hanya 5K saja. Harganya lebih mahal udon hitam.


Tempura
Tempura adalah berbagai jenis gorengan dari Jepang yang biasanya dimakan sebagai tambahan ketika makan udon atau nasi. Tamoya Udon menyediakan berbagai jenis tempura. Ini beberapa tempura pesanan kami.


Salah satunya adalah tempura udang. Daging udang dilapisi dengan terigu kemudian digoreng. Tempura udang kemudian dipotong-potong sebagai toping untuk udon-udon tersebut. Selain tempura udang, kami juga mengambil tempura yang terbuat dari ikan dori yang lembut dan dagingnya berwarna putih. Daging ikan dori kemudian difillet dari tulangnya lalu digoreng dengan tepung. Ada satu tempura lagi yang kami makan, yaitu bonten. Setelah menghabiskannya, kami segera melangkahkan kaki ke luar karena ada satu pekerjaan yang mesti kami selesaikan.

Tamoya Udon
Emporium Pluit Mall Lantai Ground
Jl. Pluit Selatan Raya, Penjaringan, Jakarta

1 komentar:

  1. Haiyyaaa.... Walopun aku penggemar masakan jepang trmasuk udon, tp kayaknya milih yg wrnanya original aja mba. Bukan kenapa2, tp ngeliat penampilannya jd ngebayangin lintah ato belut hahahahahha :D geli aku nelannya... -_-

    BalasHapus