Jumat, 05 Februari 2016

Sepuluh Tempat Makan di Tangerang yang Mesti Kamu Coba

Dua tahun wara-wiri di daerah Karawaci, membuat saya merasa Tangerang just like my second home town, setelah Jakarta. Dari waktu ke waktu saya mulai mengenal lebih banyak sudut-sudut kota ini. Ketika ada seseorang yang berkata, tempat makan di  sana enak lho atau makan di restoran sebelah sana antre sekali lho. Saya dengan keponya menuju tempat makan yang ditunjuk dan direkomendasikan. Ada beberapa restoran yang bikin keki, ada banyak juga yang bikin happy. Nah di antara banyaknya pengalaman makan saya di kota ini, ada sembilan tempat makan yang mesti kamu coba. Apa saja nama tempat makannya, silakan baca saja artikel ini.

Taman Sari
Taman Sari merupakan tempat makan di daerah Karawaci dengan konsep alam yang begitu asri. Bangunan-bangunannya sudah cukup tua. Taman Sari adalah tempat makan yang paling lama di daerah Karawaci, dibandingkan dengan Benton Juncion dan MaxxBox Lippo Village. Dahulu tempat makan ini sangat ramai. Namun karena sudah banyak tempat makan baru di daerah Karawaci, tempat makan ini tidak seramai dahulu.

Di area ini banyak sekali restoran yang menjual berbagai jenis makanan, mulai dari restoran Kelapa Ijo, New Seoul, Ikan Bakar Poco-Poco, hingga restoran Chinese Food Tangs. Selain restoran, Taman Sari juga memiliki dua jenis food court. Food court pertama menampung para penjual makanan gerobak, sedang food court lainnya terdiri dari sekitar enam restoran yang bergabung menjadi satu, baik itu menu dan kasirnya.

Nah, kami paling sering berkunjung ke food court ini. Namanya Pendopo Taman Sari.  Tempatnya nyaman dan asri dengan harga makanan yang pun cukup ramah di kantong. Kami paling suka duduk di bagian luar restoran. Ada banyak sekali jenis makanan yang dijual di sini. Namun ada satu yang favorit bagi saya, yaitu nasi tutug oncom dengan ayam goreng. Selain itu, masih banyak jenis makanan lainnya, mulai dari nasi uduk, sate, hingga soto.
Nasi tutug oncomm di Pendopo Taman Sari (dokumentasi pribadi)
Benton Junction
Benton Junction juga berada di daerah Karawaci, di seberang Taman Sari. Setiap restoran memiliki bagian outdoor-nya yang tepat berada di pinggir jalan. Tempat makan yang comfort. Di Benton Junction berjejer banyak restoran mulai dari Serba Food, Dimsum Inc, Mom Milk, Papa Jack, Karei-ya, Planet Noodle, KFC, MaxxCoffee, Poka Ribs, Lau’s Kopitiam, dan masih banyak restoran lainnya.

MaxxBox Lippo Village
MaxxBox Lippo Village  adalah tempat makan terbaru di Karawaci yang terletak persis di sebelah Taman Sari. Di sini ada berbagai jenis restoran, mulai dari Pizza E-bira, Djournal Coffee, Tony Roma’s, MaxxCoffee, Imperial Lamian, Grandma Suki, dan Songfa Bakut teh. Di sini, memang tempat berkumpulnya restoran-reston yang berkelas dengan makanan yang berharga cukup mahal.

Selain restoran tersebut, ada juga restoran Bebek Bengil dengan penyajian yang terbilang unik. Ini salah satu menunya.

Salah satu menu di Bebek Bengil (dokumentasi pribadi)
Pasar Delapan
Pasar Delapan adalah pasar modern yang terletak di Alam Sutera. Jika  sore menjelang malam, tempat ini diramaikan dengan berbagai warung tenda yang menjual berbagai jenis makanan, mulai dari pecel lele, mie tek tek, berbagai jenis  makanan  Pontianak, bubur ayam Cirebon, hingga roti bakar. Harga makanan di sini relatif murah.

Ini salah satu menu makanan yang dijual di warung tenda makanan Pontianak. Selain  nasi campur, warung ini menjual bubur khas Pontianak dengan berbagai toping, mulai dari ikan, ayam, hingga daging babi.

Menu nasi campur di Pasar Delapan (dokumentasi pribadi)
Pasar Lama
Sepanjang jalan Pasar Lama Tangerang berderet berbagai tempat makan, mulai dari gerobak, tenda, food truck, hingga restoran. Di sini hampir segela jenis makanan bisa kamu dapat, mulai dari sate ular, biawak goreng, darah ular, pecel ayam, pecel lele, bakmie, mie goreng, ramen, sushi, hingga steak. Pasar Lama adalah surganya makanan murah yang enak. Pasar Lama Tangerang buka menjelang sore hingga malam.  

Menu mie ayam jamur di Pasar Lama (dokumentasi pribadi)
Flavor Bliss
Flavor Bliss adalah tempat makan yang berada di daerah Alam Sutera. Letaknya berada di seberang Mall Living World. Di sini ada banyak pilihan restoran, mulai dari Hokben, Bandar Jakarta, Harvest, Radja Ketjil, Starbuck, Rice Bowl, Sushi Tei, Wendy’s, Nany’s Pavillion, Ireland Creamary, Pat Bing Soo, Ikudo Ichi, Teko, Warung Rawit, Vintage, Chung Gi Wa, Imperial Lamian, Seo Rae, Holly Crab, Eastern KopiTM, Stevan Meat Shop and Food Store, The Grand Ni Hao, The Philo Coffee, Pempek Sari Sandjaja, Pisa Cafe, Warung Doel, Red Bean, Phoo 24,  Cel-cious, dan Karamel Juice.

Pusat Jajan Cafe Tenda Permata (Viper)
Tempat makan ini berada di daerah Karawaci. Tempatnya terletak di bekas Sport Center. Pusat Jajan Cafe Tenda Permata ini buka mulai sore hari dengan berbagai jenis makanan. Di sini ada sebuah restoran yang bernama Kwetiauw Sapi Ahok. Selain itu, masih banyaksekali jenis makanan lain, dari nasi goreng gila, nasi tek tek, nasi gudeg, sea food.

Salah satu makanan yang murah dan meriah di sini adalah mie goreng tek tek dengan berbagai pilihan toping.

Menu mie tek tek di Pusat Jajan Cafe Tenda Permata
Salsa Food City
Salsa Food City adalah food court yang berada tepat di sebelah Summarecon Mall Serpong dengan berbagai restoran, mulai dari Ba Kut Mumu, Warung Betawi Ibu Rudi, Soto Khas Tanah Abang Pak Hapid, Kedung Sari Juice, A Mei, Han Gook, Chinesse Food Peconangan 99, Ayam Bakar Anda, Ayam Bakar Taliwang Wongso, Batavia Steak, Depot TC, Es Duren GFA, Martabak Mini dan Kopi 77,  Sari Boboko, Sari Laut Makassar, Sate Ayam Madura Blok S, Sea Food 99, Si Jempol, Soto Mie Bogor, Tahu Crispy, hingga Tasty.  

Salah satu yang saya suka di sini adalah menu sup kaki sapi dari restoran Soto Khas Tanah Abang Pak Hapid. 

Sop kaki sapi (dokumentasi pribadi)
Espana Food Court
Ini juga salah satu tempat makan murah yang berada di dekat Hypermart Islamic di sebuah perumahan yang namanya Taman Imam Bonjol. Di sini dijual berbagai jenis menu, mulai dari ayam peyet, makanan Manado,  martabak, mie ayam, juga bubur khas Tangerang yang disajikan dengan daun selada

Bubur khas Tangerang (dokumentasi pribadi)
Makan Sutra
Makan Sutra adalah nama food court yang ada di Supermall Karawaci. Di sini juga tersedia berbagai jenis makanan, mulai dari makanan Indonesia, Barat, Korea, hingga Jepang

3 komentar: