Kamis, 06 Oktober 2016

Cara Meracik Es Kopi Vietnam

Es Kopi Vietnam (Koleski  Foto Pribadi)
Sidang kasus kematian Mirna dengan tersangka Jessica Wongso yang banyak membuat orang gregetan menginspirasi saya menuliskan artikel tentang es kopi vietnam. Inspirasi ini keluar tepatnya ketika saya sedang membaca sebuah judul di portal berita terkenal tentang hakim yang menanyakan sebuah pertanyaan bagaimana rasanya es kopi vietnam itu, hangat atau dingin?

 Pada dasarnya saya adalah seorang yang sangat kepo. Ketika beberapa bulan yang lalu I Wayan Mirna Salihan tiba-tiba tewas di Cafe Olivier Grand Indonesia akibat meminum es kopi vietnam, saya beserta beberapa orang teman sempat mampir ke Olivier Cafe untuk sekedar mencicipi rasa es kopi vietnam yang begitu ngehits. Sayangnya, tak ada satu gelas kopi vietnam yang tersedia waktu kami datang alias closed order. Pelayan kemudian menyarankan saya untuk menelepon Cafe terlebih dulu sebelumnya datang ke Olivier Cafe pada malam hari atau paling amannya saya disarankan untuk datang siang hari ke kafe tersebut. “Stoknya pasti masih banyak.” Kata laki-laki berseragam putih itu tersenyum ramah.

Menurutnya es kopi vietnam memang sudah menjadi menu favorit di sini jauh sebelum peristiwa yang tragis tersebut dan tanpa ditanya dia menerangkan panjang lebar mengenai es kopi vietnam. Tampaknya pelayan yang ramah itu menangkap kekecewaan saya meskipun ruangan cafe begitu temaram malam itu sehingga dia mau berpanjang-panjang ria menjelaskan hal tersebut kepada kami. Berbulan-bulan telah berlalu dan hingga sekarang saya belum sempat kembali ke Olivier Cafe.

Namun begitu, saya sudah pernah mencicipi es kopi vietnam di tempat lain, yaitu di The People Cafe yang terletak di Ground Floor sebuah mall di kawasan Gading Serpong. Rasa penasaran saya mengatakan saya harus memesan es kopi vietnam di sini. Bukan Olivier Cafe tak apalah, The People Cafe jadilah. Pelayan datang dengan membawa satu baki berisi tiga gelas. Gelas pertama yang paling tinggi berisi potongan-potongan es. Gelas kedua yang lebih pendek berisi krimer dan juga kopi dari jenis robusta. Gelas ketiga yang paling pendek dan berwarna biru berisi air panas.

Es Kopi Vietnam Ala The People Cafe (Foto Koleksi Pribadi)
Customer kemudian dipersilakan meracik sendiri es kopi vietnam. Saya memasukkan air panas ke dalam gelas yang berisi krimer dan kopi sesuai dengan selera saya. Setelah dikocok-kocok sebentar, tambahkan potongan es sesuai dengan selera. Es kopi vietnam berwarna kecokelatan, rasanya sedikit pahit dan masam, bercampur dengan manisnya krim. Wanginya harummm.... Minuman dingin ini begitu menyejukkan malam yang cukup panas.

Entah nyambung atau tidak, saya pun mengambil sepotong pizza tipis untuk menemani es kopi vietnam. Akhirnya rasa kepo saya selama berbulan-bulan bisa terobati. Yesss... saya bisa menyeruput satu gelas es kopi vietnam. Meskipun malam ini tampaknya saya akan kesulitan tidur karena pada dasarnya saya tak tahan dengan pengaruh kafein. Tapi tak apalah masih banyak deretan menu The People Cafe yang bisa kami pesan untuk menghabiskan malam yang panjang ini.

8 komentar:

  1. Sama mba.. kopi krimer aja bs bikin aku melek smpe pagi. Gmn kalo kopi item. Tp sama ky mba jg akupun penasaran gmn sih rasanya.. ceritain lbh lengkap mba rasa2 di lidahnya gmn hehehe

    BalasHapus
  2. kopi salah satu minuman favorit, apalagi kalau kopi sama SUSU :) hmm yummy sekali tentunya...

    BalasHapus
  3. hhee.. masih terbayang2 sama kasusnya I Wayan Mirna, huehee...
    jadi penasaran yaapa itu rasanya kopi vietnam. ckckckck

    BalasHapus
  4. Jadi intinya cara bikinnya gimana nih? Saya pikir lewat postingan ini bakal dijelasin cara bikinnya wkwkwk

    BalasHapus
  5. wah wah disuruh ngracik sendiri? :D
    btw penasaran rasa kopinya mbak... :D
    oh ya judulnya ada typo #maafkoreksiyak :)

    keluargahamsa(dot)com

    BalasHapus
  6. Wah wah keren bisa ngeracik sendiri. Btw, aku penasaran sama rasa es kopi vietnam ini. Tapi yang tanpa sianida, ya. Hehe...

    BalasHapus
  7. Ngeracik sendiri pasti berbeda rasanya ya mba. Aku malah gatau rasa kopi ini seperti apa, jarang minum kopi soalnya.

    BalasHapus